Panduan Mencegah Kerutan dan Penuaan Dini

 Panduan Mencegah Kerutan dan Penuaan Dini

BIBLIOTIKA - Setelah bentuk tubuh yang ideal, langsing serta indah, maka kulit tubuh menjadi bagian lain yang juga menjadi fokus perhatian kaum wanita. Untuk usia remaja belasan tahun, masalah kulit yang berkerut memang mungkin belum menjadi sesuatu yang serius, karena pada masa-masa usia itu kulit tubuh masih kencang dan halus. Namun ketika mulai memasuki usia tiga puluhan, dalam hal ini seringnya setelah usia 35 tahun, maka kulit wanita pun seringkali mulai mengalami pengerutan-pengerutan di sana-sini yang menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Ketika tanda-tanda penuaan mulai terjadi pada diri seorang wanita, maka yang seringkali sangat terlihat adalah pada bagian di sekiar mata, pada garis senyum atau smile line, serta pada bagian dagu. Namun, tanda-tanda itu biasanya mulai terlihat pada usia empat puluhan tahun. Karenanya, apabila tanda-tanda pada bagian-bagian itu sudah mulai terlihat sebelum seorang wanita memasuki usia empat puluhan, maka itu bisa dikatakan sebagai penuaan dini.

Faktor penyebab penuaan dini semacam itu bisa saja karena faktor eksternal (hal-hal di luar tubuh) ataupun juga karena faktor internal (hal-hal di dalam tubuh). Faktor eksternal misalnya karena terlalu banyak terkena sinar matahari, mengalami sakit yang terlalu lama, sering mengalami kesulitan tidur hingga sering tidur terlalu larut, atau juga karena kurangnya beristirahat.

Sedangkan faktor internal misalnya karena pola makan yang tidak benar, pengaruh radikal bebas, akibat merokok, mengkonsumsi minum-minuman keras, atau juga karena kekurangan kadar air dalam tubuh.

Nah, untuk mencegah agar kulit tidak mengalami penuaan dini semacam itu, maka wanita juga dituntut untuk tidak malas melakukan perawatan tubuh. Perawatan kulit yang dilakukan sejak dini akan memberikan pengaruh yang cukup besar untuk kehalusan dan kesegaran kulit di masa-masa yang akan datang. Karenanya, semenjak remaja sebaiknya perawatan kulit ini sudah mulai dilakukan.

Ada dua langkah yang perlu dilakukan agar terhindar dari berkerutnya kulit tubuh secara dini. Langkah yang pertama adalah tindakan pencegahan dari dalam dengan cara memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-mayur. Selain itu, untuk menghindari kulit yang kering, maka sering-seringlah mengkonsumsi air putih dan memperbanyak makanan yang mengandung vitamin E atau C.

Langkah yang kedua adalah dengan pencegahan dan perawatan dari luar. Untuk menjaga kebersihan kulit wajah, sebaiknya selalu bersihkan dua kali sehari, pada waktu pagi dan malam hari menjelang tidur. Untuk kehalusan kulit, lakukanlah peeling secara teratur seminggu sekali. Sementara untuk memelihara kekenyalan kulit, dapat digunakan krim malam sebelum tidur. Krim itu juga memiliki fungsi untuk kelembaban kulit tubuh.

Disarankan pula untuk melakukan facial satu bulan sekali agar kulit menjadi segar dan sehat. Kemudian, untuk menghindarkan kulit dari sengatan sinar matahari siang, sebaiknya gunakan pelembab dan sun screen ketika akan keluar pada waktu siang hari. Sedang untuk kulit tubuh, gunakan hand body lotion untuk selalu menjaga kelembabannya. Yang juga tidak boleh dilupakan adalah mandi scrub dan luluran. Ini akan menjaga kehalusan tubuh Anda.

Baca juga: Begini Cara Terbaik Membersihkan Wajah