Memahami dan Mengenali Jenis Kulit Anda

 Memahami dan Mengenali Jenis Kulit Anda

BIBLIOTIKA - Mudah tidaknya kulit Anda terbakar ditentukan oleh warna kulit paling terang di bagian tengah yang tertutup dari cahaya. Kulit di bawah lengan, yang cenderung berwarna sangat terang, bisa menjadi pengukur kulit asli Anda jika tak terpapar sinar matahari. Ini juga menjadi penguji seberapa mudah kulit Anda terbakar sinar matahari.

Dr. Khoo Boo Peng, konsultan dermatologi di RS Raffles Singapura, menyatakan bahwa orang dari etnis yang sama belum tentu memiliki warna kulit yang sama. Setiap etnik memiliki batas keragaman warna kulit yang sangat luas. Karena itu, kemungkinan mudah terpaparnya oleh sinar matahari juga beragam.

Teknik untuk mempelajari perbedaan warna kulit dan reaksinya terhadap paparan sinar matahari disebut phototyping. Sistem yang ditemukan oleh Profesor Thomas Fitzpatrick dari Harvard Medical School pada tahun 1975 ini mengukur warna kulit dari ‘selalu terbakar matahari’ ke ‘tak pernah terbakar’.

Tipe ‘selalu terbakar’ yang disebut sebagai tipe 1 biasanya dimiliki oleh orang bule, sedangkan tipe kulit ‘tak pernah terbakar’ dimiliki oleh orang Afro. Semakin rendah tipe kulit seseorang, maka semakin besar risiko ia cepat terbakar sinar matahari.

Secara lengkap, berikut ini adalah enam tipe kulit sebagaimana yang dibagi oleh Thomas Fitzpatrick:

Kulit tipe I:

Selalu terbakar dan cenderung jadi coklat (dikenal dengan istilah tenned). Orang dengan tipe kulit ini memiliki kulit sangat halus dan terang, rambut pirang, dan memiliki mata biru atau hijau.

Kulit tipe II:

Kadang-kadang mudah terbakar, namun sukar menjadi coklat. Orang dengan tipe ini memiliki kulit halus terang, rambut warna kecoklatan dan mata coklat atau kehijauan.

Kulit tipe III:

Sering menjadi coklat, kadang-kadang kulit terbakar. Orang dengan tipe ini memiliki kulit dengan kelembutan dan warna terang sedang, rambut coklat dan mata coklat.

Kulit tipe IV:

Selalu menjadi coklat tapi tak pernah terbakar. Orang tipe ini memiliki warna kulit layaknya buah zaitun, rambut coklat atau hitam, mata berwarna gelap atau hitam.

Kulit tipe V:

Tak pernah terbakar. Orang tipe ini memiliki kulit coklat gelap, bermata hitam pekat dan rambut hitam pekat.

Kulit tipe VI:

Tak pernah terbakar. Orang tipe ini berkulit hitam, rambut hitam, dan mata hitam.

Pengujian phototyping bisa dilakukan di klinik dermatologi atau dokter kulit. Jika kulit Anda termasuk kulit orang Indonesia yang berwarna sawo matang, Anda tak perlu membabi buta memutihkannya seperti yang dijanjikan oleh iklan. Lupakan saja. Lebih aman memakai krim penahan surya (sunblock) atau menenteng payung dan mengenakan topi.

Nah, secara mudahnya, untuk mengetahui apakah kulit Anda sudah halus ataukah masih tergolong kasar, Anda dapat melakukannya dengan cara meraba pada bagian-bagian yang memerlukan perhatian dan perawatan ekstra, seperti pada bagian siku, lutut, lipatan tangan dan juga lipatan betis.

Apabila pada bagian-bagian tersebut terlihat kasar atau bahkan menghitam dan juga terasa ada bintik-bintik kasar, maka itu menandakan bahwa Anda sudah saatnya meluangkan waktu untuk merawatnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah perawatannya:

Pertama, basuhlah bagian-bagian kulit yang terasa kasar itu, terutama pada bagian kaki dan lengan, dengan menggunakan air hangat. Ini bertujuan agar pengelupasan kulit dapat menjadi lebih mudah sekaligus merata. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan handuk.

Kedua, oleskan scrub, yaitu krim berisi butiran-butiran kasar, atau bisa pula dengan menggunakan lulur mandi yang telah banyak beredar di pasar atau toko kosmetik. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk membelinya, maka Anda bisa menggunakan hand body lotion yang dicampur dengan gula kasar sebagai pengganti scrub. Nah, oleskan scrub ini pada bagian tangan dan kaki Anda, atau pada bagian-bagian lain yang Anda inginkan.

Ketiga, usapkan krim dengan perlahan-lahan secara memutar dan kontinyu pada bagian-bagian yang Anda inginkan. Khusus untuk bagian lutut serta lengan, usahakan untuk difokuskan dengan usapan yang lebih keras karena pada bagian ini biasanya kulit lebih kasar.

Keempat, untuk melemaskan otot-otot yang letih pada bagian tangan dan kaki, berikan pijatan khusus yang halus, dan apabila telah dirasa cukup, bersihkan dengan menggunakan handuk hangat yang basah. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Kelima, usapkan hand body lotion pada bagian-bagian tubuh yang telah digosok dengan scrub tadi. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban kulit.

Apabila langkah-langkah di atas dilakukan secara teratur, maka kulit yang halus dan indah pun akan segera menjadi milik Anda.

Baca juga: Antara Kosmetik dan Kecantikan Kulit