Berapa Luas Wilayah Indonesia?

Berapa Luas Wilayah Indonesia?

BIBLIOTIKA - Indonesia adalah salah satu negara paling luas di dunia, dengan total wilayah 5.193.250 kilometer persegi (mencakup daratan dan lautan). Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara terluas ke-7 di dunia setelah Rusia, Kanada, Amerika Serikat, Cina, Brazil, dan Australia.

Jika dibandingkan dengan luas negara-negara di Asia, Indonesia berada di peringkat ke-2. Sedangkan jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat teratas sebagai negara terluas.

Selain menjadi negara yang memiliki wilayah luas, Indonesia juga menjadi negara kepulauan terluas di dunia. Karena negara kepulauan, wilayah Indonesia pun terdiri dari daratan dan lautan. Satu pertiga luas Indonesia adalah daratan, dan dua pertiga luas Indonesia adalah lautan. Luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 kilometer persegi, yang menempatkan Indonesia sebagai negara terluas ke-15 di dunia.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil dari Samudera Indonesia hingga Samudera Pasifik. Hal itu menjadikan Indonesia memiliki luas lautan sekitar 3.273.810 kilometer persegi. Lautan Indonesia pun memiliki batas sesuai hukum laut internasional, yaitu dengan menggunakan teritorial laut sepanjang 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif sepanjang 200 mil laut (searah penjuru mata angin).

Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil. Pulau-pulau besar di Indonesia di antaranya adalah Papua dengan luas 785.753 kilometer persegi, Kalimantan (748.168 kilometer persegi), Sumatera (443.066 kilometer persegi), Sulawesi (180.681 kilometer persegi), Jawa (138.794 kilometer persegi), Halmahera (18.040 kilometer persegi), Seram (17.454 kilometer persegi), Sumbawa (14.386 kilometer persegi), Flores (14.154 kilometer persegi), dan pulau-pulau besar lainnya.

Jumlah pulau-pulau kecil di Indonesia lebih banyak dibandingkan pulau-pulau besarnya. Umumnya, pulau-pulau kecil tersebut merupakan suatu gugusan kepulauan yang indah. Beberapa pulau kecil di Indonesia yang menjadi tempat wisata populer karena keindahan alamnya antara lain Kepulauan Raja Ampat, Pulau Bunaken, Pulau Bangka, Pulau Komodo, Pulau Nias, dan pulau-pulau kecil lainnya.

Selain Indonesia, negara-negara lain juga memiliki luas wilayah sendiri, mencakup daratan dan perairan, dengan kekayaan dan kelebihannya masing-masing.

Baca juga: Mengenal Kepadatan Penduduk dan Cara Menghitungnya