Antara Kosmetik dan Kecantikan Kulit

 Antara Kosmetik dan Kecantikan Kulit

BIBLIOTIKA - Berbagai klinik dan salon kecantikan terus tumbuh di berbagai tempat di banyak belahan kota, dari tempat yang terpencil sampai di tengah-tengah belantara metropolitan. Wanita-wanita yang ingin dapat memiliki tubuh yang cantik, wajah yang indah serta kulit yang halus mulus pun terus mendatangi tempat-tempat kecantikan itu untuk perawatan tubuh mereka.

Iklan-iklan dengan misi yang sama pun banyak beredar di berbagai media massa, dari radio, televisi, suratkabar-suratkabar, sampai pada baliho-baliho besar di pusat-pusat kota. Mereka menjanjikan bahwa produk kosmetik buatan mereka dapat menyulap wajah yang biasa menjadi cantik jelita, kulit yang kusam menjadi indah berseri, dan lain-lain sebagainya, yang intinya membuai banyak impian wanita untuk dapat menghadirkan sosok jelita pada dirinya.

Yang patut diwaspadai dalam hal ini adalah bahwa tidak semua jenis dan produk kosmetik yang beredar secara komersial itu memiliki keunggulan sebagaimana yang diiklankan, juga tidak selamanya semua produk yang ada itu akan cocok dengan kulit penggunanya.

Kadang-kadang terjadi kasus dimana produk kosmetik yang bagus namun tidak dapat berfungsi pada beberapa orang wanita karena memiliki jenis kulit yang berbeda. Ketika hal semacam itu terjadi, maka bukan keuntungan yang didapatkan berupa kecantikan, namun malah kerugian karena rusaknya kulit dan terbuangnya uang yang digunakan untuk membelinya.

Karenanya, kalau Anda memang ingin memiliki bentuk tubuh dan kulit yang indah, maka cara yang pertama untuk dilakukan adalah bukan secepatnya mengkonsumsi atau menggunakan produk-produk kosmetika yang beredar itu, namun terlebih dulu mempelajari jenis kulit Anda.

Pengaruh stres pada kesehatan kulit

Seperti yang sudah kita tahu, stres dapat menyebabkan kerusakan kulit. Namun ternyata efek stres tidaklah seringan yang kita bayangkan. Stres dapat mengakibatkan munculnya borok atau koreng pada tubuh.

Borok semacam itu bisa tumbuh di mana saja, pada jari, mata, punggung ataupun gusi. Bahkan bila stresnya berkepanjangan, kondisi seperti itu bisa semakin memburuk. Karenanya, Anda harus pandai-pandai mengendalikan stres kalau mau kulit tetap sehat.

Selain itu, Anda bisa mencari tahu apakah gangguan kulit berikut ini sedang Anda alami dan apakah stres yang menjadi penyebabnya? Bila ya, ambil segera langkah untuk mengatasi stres Anda terlebih dulu sebelum bertindak lebih jauh mengobati gangguan kulit Anda. Berikut ini daftar yang bisa Anda perhatikan:
  1. Ketombe.
  2. Keringat berlebihan.
  3. Pruritus: gatal-gatal kronis, dan bekas garukan biasanya terlihat memerah.
  4. Rambut rontok.
  5. Kulit kering di sekitar mulut dan bibir.
  6. Jerawat atau bintil di dalam kulit yang dapat mengakibatkan luka-luka.
  7. Psoriasis: kulit menggelembung yang diawali dengan warna kemerahan, gatal, menebal, mengering, dan meninggalkan goresan.
  8. Eksim: kulit memerah, gatal dan menggelembung, seperti jerawat.

Baca juga: Rahasia Memiliki Kulit Indah Sampai Tua