Kekuatan Militer 5 Negara Terkuat di Dunia

Kekuatan Militer 5 Negara Terkuat di Dunia

BIBLIOTIKA - Setidaknya ada lima negara yang sangat kuat dalam bidang militer, yaitu Amerika Serikat, Rusia, Cina, India, dan Inggris. Kekuatan militer mereka tidak hanya dibangun dengan biaya yang besar, tapi juga teknologi canggih dan jumlah personil militer atau tentara.

Amerika Serikat, misalnya, bisa membangun kekuatan militer besar, karena mereka memiliki anggaran besar, sumber daya yang memungkinkan, juga jumlah personil militer aktif. Begitu pula Rusia, Cina, India, dan Inggris. Cina dan India memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Dari jumlah penduduk yang sangat besar itu, sangat mudah bagi mereka untuk mengumpulkan jumlah tentara yang juga besar.

Selain itu, mereka juga memiliki sumber daya, termasuk biaya dan kemampuan, untuk mengembangkan kekuatan militer mereka hingga besar dan kuat. Maka jadilah mereka negara-negara terkuat di dunia dengan kemampuan militer, teknologi, dan sumber daya. Berikut ini adalah kekuatan militer yang dimiliki lima negara di atas, meliputi jumlah tentara, tank tempur, pesawat tempur, dan kapal tempur.

Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dalam kemampuan militer, dengan jumlah tentara 2,5 juta personil, tank tempur sejumlah 8.848 buah, pesawat tempur sebanyak 13.892 buah, helikopter tempur sebanyak 6.196 buah, kapal tempur sebanyak 473 buah, dan kapal selam sebanyak 72 buah.

Rusia

Sejauh ini, Rusia adalah satu-satunya negara yang mampu mengungguli, atau setidaknya mengimbangi kekuatan militer Amerika Serikat. Rusia memiliki tentara sejumlah 800.000 personil dengan 2.485.000 personil tambahan. Mereka memiliki 15.398 buah tank tempur, 1.120 helikopter, 3.429 pesawat tempur, 285 kapal tempur, dan 55 kapal selam.

Cina 

Sebagai negara dengan penduduk terbesar di dunia, tidak aneh kalau Cina juga memiliki kekuatan militer yang hebat. Negeri tirai bambu ini memiliki tentara sejumlah 2,3 juta personil dan 2,3 juta personil tambahan, 9.150 tank tempur, 2.860 pesawat tempur, 908 helikopter, 673 kapal tempur, dan 67 kapal selam.

India

India menempati peringkat keempat sebagai negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Data statistik menyangkut kekuatan militer India meliputi jumlah tentara sebesar 2,3 juta personil dan 2,1 juta personil cadangan, 6.464 tank tempur, 1.905 pesawat tempur, 584 helikopter, 202 kapal tempur, dan 15 kapal selam.

Inggris

Yang berbahaya dari Inggris tidak hanya kekuatan militernya, namun juga pengaruh yang dimilikinya. Inggris memiliki pengaruh yang sangat luas, karena memiliki negara-negara persemakmuran yang terentang di berbagai belahan bumi. Terkait kekuatan militer, Inggris memiliki 320 ribu tentara, 407 tank tempur, 936 pesawat tempur, dan 66 kapal tempur.