Rahasia Cantik Jelita Sepanjang Masa

 Rahasia Cantik Jelita Sepanjang Masa

BIBLIOTIKA - Dari jaman dulu sampai jaman yang modern seperti sekarang, wanita tetap menjadi simbol keindahan dan kecantikan. Meskipun seringkali wanita tidak hanya sekedar dinilai apakah dia cantik atau tidak, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa setiap wanita ingin terlihat cantik dan menjadi cantik.

Hal semacam itu telah terjadi selama beribu-ribu tahun. Wanita-wanita yang hidup pada masa ribuan tahun yang lalu sama ingin cantik dan ingin terlihat cantik sebagaimana wanita-wanita yang hidup di masa sekarang. Karena itulah kemudian para wanita ini pun melakukan dan menempuh banyak cara serta upaya untuk mewujudkan impian menjadi cantik itu.

Kalau kita menonton televisi, maka salah satu produk yang paling banyak diiklankan adalah produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh, dari shampo untuk rambut sampai aneka bedak untuk wajah dan berbagai krim untuk tubuh.

Hal itu berbanding lurus dengan keinginan banyak wanita yang ingin menjadi cantik atau ingin menjaga kecantikannya. Banyaknya salon kecantikan yang tumbuh menjamur di berbagai tempat juga mengindikasikan bahwa kaum wanita semakin banyak yang ingin menjadi cantik atau sadar dengan pentingnya perawatan tubuh.

Namun, di antara banyak kesibukan untuk mewujudkan kecantikan yang bersifat fisikal atau lahiriah itu, ada yang lebih penting lagi; yakni menjaga kecantikan psikis atau kecantikan batin. Kecantikan yang bersifat dalam atau yang seringkali disebut dengan istilah inner beauty inilah yang justru menjadi akar dari terwujudnya kecantikan alami yang awet sepanjang masa.

Tentunya akan sangat ideal kalau seorang wanita dapat memiliki kecantikan fisik dan sekaligus kecantikan batin. Namun, seringkali kebanyakan wanita hanya memfokuskan pikirannya pada kecantikan lahiriah semata-mata, sehingga melupakan atau tidak menganggap penting kecantikan di dalam batin. Padahal, yang seringkali menjadikan seorang wanita nampak cantik atau tidak adalah pancaran yang keluar dari dalam dirinya. Nah, ‘pancaran’ ini seringkali berawal dan berasal dari dalam batinnya.

Seiring dengan perkembangan jaman, produk-produk kecantikan pun banyak diiklankan di berbagai media yang menjanjikan seorang wanita dapat menjadi cantik jelita. Dimana pun sejauh yang dapat kita lihat, ada begitu banyak iming-iming dan promosi untuk menjadi cantik, dengan diiklankan oleh bintang-bintang yang memiliki wajah cantik.

Lebih dari itu, ada cukup banyak pula kursus-kursus kepribadian yang menjadikan seorang wanita tahu bagaimana cara bersikap yang baik, bagaimana menghadapi segala sesuatu dengan etiket yang tinggi.

Namun, sekali lagi, semuanya itu adalah ‘sekedar’ pelengkap dari kecantikan di dalam. Jadi intinya, kecantikan di dalam itulah yang seharusnya dibangun terlebih dulu sebelum memfokuskan pikiran, hati dan hidup untuk mengurusi kecantikan di luar atau yang bersifat fisik.

Tampilan cantik yang hanya bersifat fisikal saja tak pernah abadi karena semuanya itu akan mumudar dan hilang seiring dengan bertambahnya usia, namun kecantikan di dalam atau inner beauty selalu akan terus memancar dari seseorang, tak peduli berapa pun usianya.

Lalu bagaimana cara memperoleh kencatikan yang bersifat inner itu? Ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan. Ada orang yang membangun kecantikan inner-nya dengan cara menjadi pribadi yang ramah dan banyak senyum, ada pula yang mengkonsumsi jamu-jamuan tertentu. Nah, berikut ini adalah beberapa panduan untuk menciptakan kecantikan yang bersifat inner bagi diri Anda:

Hiduplah secara teratur, dan jalanilah hidup dengan cara yang sama teraturnya. Hidup yang teratur ini bisa dimulai dari kebiasaan makan, olahraga, juga waktu istirahat yang cukup. Keteraturan juga perlu dilakukan pada upaya perawatan tubuh; dari perawatan wajah, rambut, kulit, sampai pada hal lainnya.

Gunakan kosmetika yang sesuai dengan jenis kulit dan tubuh; jangan tergiur dengan iklan-iklan kosmetika yang hanya karena baru dan murah namun belum tentu cocok dengan jenis kulit tubuh Anda.

Biasakan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan. Baik pula untuk mengkonsumsi jamu yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Jangan malu, atau segan atau merasa tidak punya waktu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk selalu mengecek kesehatan. Selalulah ingat bahwa unsur pokok dan sumber kecantikan adalah kesehatan yang baik. Tidak ada orang sakit yang nampak cantik, bukan?