Begini Cara Memiliki Kulit yang Selalu Indah

Begini Cara Memiliki Kulit yang Selalu Indah

BIBLIOTIKA - Bagaimana agar wajah selalu tampak indah dan menarik? Banyak caranya, di antaranya bisa menggunakan obat peremaja kulit muka yang mengandung vitamin A asam (bukan vitamin A biasa) atau retinoic acid. Disebut juga tretinoin. Kerja tretinoin membentuk, mengganti dan memulihkan keausan serta kerusakan kulit bagian luar. Obat yang dulu dikenal sebagai anti jerawat ini melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Tapi, pemakaiannya jangan sampai overdosis. Bisa-bisa bukannya menambah cantik kulit tapi malah merusaknya. Lebih ngeri lagi, tumor kulit bisa muncul jika pemakaian tretinoin terlalu lama pada kulit dan kena matahari.

Sebaiknya tretinoin hanya dipakai pada malam hari. Tretinoin juga bermasalah bila cara pemakaiannya tidak tepat. Karenanya, bacalah petunjuk pemakaian. Pemakaian tak boleh dilanjutkan jika menimbulkan lentingan pada kulit yang diolesi, atau terjadi pengelupasan kulit.

Normalnya, pemakai hanya merasa kulitnya seperti tergigit semut. Kalau kulit terasa seperti terbakar, bengkak, merah meradang sehabis memakai tretinoin, itu tanda bahaya. Hentikan saja. Pada kulit yang tidak sensitif, efek buruk tretinoin mereda setelah pemakaian dihentikan. Jika kulit sensitif, efek buruk obat baru hilang setelah beberapa bulan, tanpa perlu diobati.

Fungsi tretinoin hanya membuat kulit jadi baru dan segar dari arah luar. Lapisan kulit luar seperti dipoles, sehingga kulit tampak muda lagi. Namun, lapisan dalam tetap saja bertambah tua. Karena proses penuaan tak mungkin ditahan dan disembunyikan.

Rahasia penuaan kulit ada pada lapisan bantalan kulit yang disebut collagen. Dengan banyak mengkonsumsi protein, asam amino esensial, vitamin-mineral, selt-therapy, lulur lumpur dan terapi aroma, baik secara medis maupun non medis, akan membantu untuk ‘menunda’ proses penuaan.

Agar peremajaan kulit tak tampak artifisial, perlu cara yang bisa membuat bantalan collagen baru, untuk menggantikan bantalan kulit lama yang makin menipis. Misalnya, dengan menambah bantalan collagen diharapkan kulit kembali kencang dan kenyal seperti sedia kala. Sudah beredar obat yang bisa merangsang tubuh memproduksi kembali collagen baru penyumpal bantalan kulit yang menipis. Dengan cara menambah tebal kembali bantalan kulit, diharapkan kerut, kendur, kasar dan guratan kulit bisa terhapus.

Semua upaya itu juga tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan peremajaan jiwa. Roh kulit sendiri bagian dari ekspresi jiwa. Jika jiwa Anda sedang suram, tak usah berharap kulit bisa terlihat cerah, betapa pun mulus dan penuh polesan. Begitu pula jika Anda kerap begadang dan kurang tidur, kurang vitamin A, C dan E. Kulit tetap potret paling jujur dari tampilan jiwa Anda.

Baca juga: Memahami dan Mengenali Jenis Kulit Anda