50 Kebiasaan untuk Hidup Lebih Baik, Lebih Sukses, dan Lebih Kaya (Bagian 1)

 50 Kebiasaan untuk Hidup Lebih Baik, Lebih Sukses, dan Lebih Kaya

BIBLIOTIKA - Kehidupan kita adalah cara kita menjalaninya. Cara kita menjalani kehidupan bergantung pada cara kita berpikir. Cara kita berpikir akan sangat menentukan bagaimana kualitas hidup yang kita jalani. Berikut ini adalah 50 kebiasaan baik untuk meraih kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, dan lebih beruntung.

1. Cari dan temukan kesempatan, lalu ikuti hingga menjadi peluang yang menghasilkan.

2. Jika menghadapi kesulitan, jangan buru-buru menyerah. Tataplah kesulitan sebagai kesempatan untuk belajar.

3. Hidup tidak bisa dilepaskan dari masalah, karena selalu ada masalah yang datang. Cara terbaik menghadapi masalah adalah dengan fokus pada solusi, dan bukan tenggelam dalam masalah.

4. Biasakan berpikir kreatif, inovatif, sehingga hidup lebih kaya. Tidak hanya kaya secara materi, namun juga kaya wawasan.

5. Ketakutan bisa datang dari arah mana saja. Termasuk takut gagal saat mencoba sesuatu yang baru. Tetapi, orang yang berhasil bukan orang yang tidak pernah takut, melainkan orang yang mampu mengalahkan ketakutannya sendiri.

6. Menatap hidup dengan pikiran dan emosi yang positif bisa membantu kita menjalani hidup dengan semangat yang sama positif. Setidaknya, itu lebih baik dibanding jika menjalani hidup dengan pikiran dan semangat negatif.

7. Keluhan tidak pernah menyelesaikan masalah, bahkan membuat kita makin terbebani oleh masalah. Karena itu, hentikanlah mengeluh. Cari solusi, dan selesaikan masalah atau beban yang ada.

8. Jangan menyalakan orang lain atas kegagalan yang kita alami. Saat suatu hal mengalami kegagalan, koreksi dan introspeksi, dan ambillah sebagai tanggung jawab tindakan kita sendiri. Dengan cara itu, kita bisa belajar untuk kemudian menjadi lebih baik.

9. Selalulah berusaha mengembangkan potensi yang kita miliki, dan menggunakannya secara efektif sekaligus kreatif.

10. Nikmatilah kesibukan, teruslah produktif. Itu jauh lebih baik dibandingkan duduk leha-leha tanpa ada manfaat yang dikerjakan, atau keluyuran tidak jelas.

11. Berusahalah untuk belajar beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang ada. Dengan cara itu, kita akan lebih mudah diterima orang lain, selain juga membuka wawasan serta empati kita.

12. Ambisi adalah semangat yang positif. Jangan takut punya ambisi, selama itu ditujukan untuk meraih hal-hal baik, yang dilakukan dengan cara yang sama baik.

13. Ketahuilah apa yang kita inginkan, lalu fokuslah pada apa yang kita inginkan. Jangan berhenti. Jangan mudah menyerah. Pun jangan terombang-ambing. Fokus!

14. Kreatiflah, dan inovatiflah. Karya orang lain mungkin baik, tetapi bukan berarti kita tidak bisa membuat yang sama baik atau lebih baik. Biasakan untuk berkreasi dan berinovasi, dan tidak sekadar meniru orang lain.

15. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, kerjakan yang harus dikerjakan, dan jangan pernah menunda apa pun selama kita bisa mengerjakannya sekarang.

16. Cintailah belajar, karena prinsip hidup yang baik dilandasi semangat belajar yang baik, belajar tanpa henti.

17. Jangan pernah menganggap diri sempurna, karena itu akan menghentikan kita memperbaiki diri. Selalu berpikirlah bahwa kita masih perlu memperbaiki diri, dan terus memperbaiki diri. Hal itu tidak hanya akan menjadikan kita lebih baik, namun juga lebih rendah hati.

18. Kadang kita harus melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan, karena berat atau karena sulit. Tetapi, orang sukses adalah orang yang mau mengerjakan hal-hal sulit, bukan yang hanya mau mengerjakan hal-hal mudah. Karena, kalau mudah, orang-orang gagal pun bisa melakukannya.

19. Jangan takut menghadapi risiko, karena usaha selalu berbanding lurus dengan risiko. Meski begitu, takarlah risiko yang ada dengan baik, lalu hadapi dengan akal sehat.

20. Jika sewaktu-waktu timbul masalah, jangan lari. Selesaikan. Kalau bisa, selesaikan secepatnya. Agar kita bisa kembali fokus pada tujuan hidup kita.

21. Orang gagal menunggu datangnya kesempatan, orang sukses mencari kesempatan. Orang gagal menunggu keberuntungan, orang sukses menciptakan keberuntungan. Jadilah orang sukses!

22. Lakukan tindakan karena inisiatif pribadi dan kesadaran, bukan karena disuruh atau diperintah. Kebiasaan ini akan menjadikan kita sebagai tuan bagi diri sendiri.

23. Jangan dikuasai oleh emosi, tapi kuasailah emosi. Dikuasai emosi akan menjadikan kita labil dan mudah terombang-ambing. Menguasai emosi akan menjadikan kita stabil dan mantap.

24. Belajarlah berkomunikasi yang baik, sehingga kita bisa menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan jelas.

25. Buatlah rencana-rencana, tapi jangan hanya berhenti di situ. Setelah rencana dibuat, mulailah lakukan dan wujudkan menjadi kenyataan.

26. Jadilah orang luar biasa karena mampu melakukan hal-hal luar biasa, yaitu hal-hal yang orang kebanyakan tidak suka melakukannya. Seperti rajin belajar, giat bekerja, dan semacamnya.

27. Saat menghadapi masa-masa berat, jalani dan lalui dengan tabah serta sikap pantang menyerah. Itu yang membedakan pemenang dan pecundang.

28. Pahamilah bahwa disiplin diri adalah kunci kesuksesan. Karena itu, belajarah disiplin dan pengendalian diri. Jika saatnya bekerja, bekerjalah. Jika saatnya belajar, belajarlah. Jangan mudah tergoda oleh hal lain.

29. Selalu prioritaskan yang penting, dan dahulukan yang penting. Setelah itu, baru lakukan hal-hal yang tidak lebih penting. Kebiasaan ini akan menjadikan kita efektif.

30. Jagalah keseimbangan diri dan kehidupan. Giat bekerja, tapi ingat istirahat. Rajin belajar, tapi juga tetap santai dan bersenang-senang.

Baca lanjutannya: 50 Kebiasaan untuk Hidup Lebih Baik, Lebih Sukses, dan Lebih Kaya (Bagian 2)