Perang Dunia III: Siapa Lawan Siapa?

Perang Dunia III: Siapa Lawan Siapa?

BIBLIOTIKA - Di uraian sebelumnya (Posisi Indonesia Dalam Perang Dunia III), kita telah mendapat gambaran negara-negara mana saja yang akan bergabung dengan Rusia (blok timur), dan negara-negara mana saja yang akan bergabung dengan Amerika Serikat (blok barat). Lebih lengkap, berikut ini adalah daftar negara-negara yang diprediksi akan terlibat dalam Perang Dunia III.

Negara blok barat:
Amerika Serikat
Arab saudi
Uni Emirat Arab
Qatar
India
Korea Selatan
Seluruh negara Persemakmuran Inggris (Malaysia, Pakistan, Singapura, Australia, dan lain-lain).
Mayoritas negara Uni Eropa (Israel, Spanyol, Italia, Belanda, Prancis, Swiss, Polandia, dan lain-lain).
Mayoritas negara Amerika Latin (Kanada, Meksiko, Kolumbia, dan lain-lain).

Negara blok timur:
Rusia
Cina
Jepang
Korea Utara
Iran
Suriah
Mesir
Jerman
Vietnam
Indonesia
Turki
Libya

Berdasarkan daftar di atas, kita melihat bahwa negara-negara yang ada di blok barat memiliki jumlah lebih banyak dibanding negara-negara yang ada di blok timur. Hal itu tak bisa dilepaskan dari kenyataan bahwa Inggris—sekutu Amerika—memiliki banyak negara persemakmuran. Selain itu, Amerika juga memiliki pengaruh yang membentang dari daratan Afrika sampai Amerika Latin. Selain itu, mayoritas negara Eropa yang membenci Rusia juga tentu akan mendukung Amerika.

Tetapi jangan mengira bahwa dengan itu berarti blok timur akan mudah dikalahkan. Meski dalam jumlah lebih sedikit, negara-negara di blok timur sudah terbukti tangguh. Jika menengok sejarah, di masa Perang Dunia II hanya ada dua negara, yaitu Jerman dan Jepang, yang berperang melawan Amerika dan sekutu-sekutunya. Meski hanya melawan dua negara saja—Jerman dan Jepang—waktu itu Amerika mengalami kesulitan setengah mati. Baru ketika Uni Soviet bergabung dengan mereka, barulah Amerika bisa mengalahkan Jerman dan Jepang dalam Perang Dunia II.

Karenanya, meski di atas kertas jumlah negara di blok timur memang lebih sedikit, namun negara-negara itu memiliki kualitas yang hebat dan personil yang besar. Jika Perang Dunia III pecah, kemungkinan besar Indonesia akan terlibat dalam pertempuran di wilayah Pafisik, melawan Australia, Malaysia, dan Singapura, yang merupakan sekutu Amerika.

Dengan 1 juta personil pasukan yang dimiliki Indonesia, melawan pasukan dari tiga negara itu bisa dibilang tidak terlalu sulit, karena jumlah mereka pasti jauh lebih sedikit. Apalagi, jika pertempuran itu benar terjadi, pasukan Indonesia tentu akan dibantu pasukan Vietnam, Korea Utara, Jepang, dan Cina, yang sama-sama menjadi sekutu Rusia.

Pertanyaannya kemudian, siapakah kira-kira yang akan menjadi pemenang dalam Perang Dunia III? Baca uraiannya di sini: Jika Perang Dunia III Meletus, Siapa yang Akan Menang?