Suicide Squad: Misi Rahasia dan Kisah Para Penjahat Super

Suicide Squad: Misi Rahasia dan Kisah Para Penjahat Super

BIBLIOTIKA - Menarik untuk membahas film Suicide Squad, karena bisa dibilang “lain dari yang lain”. Kalau selama ini kita telah terbiasa dengan film-film pahlawan super semacam Captain America, Superman, Spiderman, atau kelompok pahlawan super semacam Avenger, Suicide Squad menyuguhkan tontonan yang unik, yaitu kisah tentang para penjahat super.

Film Suicide Squad sudah tayang pada Agustus 2016 lalu, tapi masih asyik untuk dibahas, karena kenyataan tadi. Apa jadinya jika penjahat-penjahat super dikumpulkan dan digabungkan menjadi satu?

Kisah Suicide Squad dimulai dengan insiatif sebuah organisasi bernama Argus, yang bermaksud melancarkan sebuah misi rahasia. Organisasi itu lalu mengumpulkan para penjahat yang memiliki kekuatan luar biasa. Maka jadilah Argus sebagai organisasi paling berbahaya di dunia, karena berisi penjahat-penjahat paling berbahaya sekaligus memiliki kekuatan super. Organisasi itu dipimpin seorang wanita bernama Amanda Waller.

Penjahat-penjahat super yang masuk ke dalam organisasi Argus di antaranya adalah Deadshot, Harley Quinn, Joker, Boomerang, dan Enchantress. Penjahat-penjahat super itu dibekali senjata-senjata yang juga super untuk melaksanakan misi mereka. Lalu apa misi yang akan dijalankan mereka?

Semula, para penjahat itu diberitahu bahwa mereka akan ditugaskan untuk sebuah misi penyelamatan berbahaya, yang membutuhkan keberanian serta kekuatan dan kecerdasan. Tetapi, dalam perjalanan misi itu, para penjahat yang bergabung mulai mengetahui bahwa mereka sebenarnya dikirim untuk sebuah misi kekalahan. Para penjahat itu menyadari bahwa mereka tidak diarahkan untuk kesuksesan misi, melainkan dirancang untuk gagal. Karena itu pula, tim mereka disebut “Suicide Squad”.

Setelah menyadari kenyataan itu, para penjahat itu pun berbalik arah, dan menentang organisasi Argus yang menugaskan mereka. Tiba di sini, kita mulai melihat alur cerita yang unik, karena para penjahat yang semula antagonis itu tampak berubah menjadi protagonis, sehingga penonton mulai kabur untuk menyadari mana yang protagonis dan mana yang antagonis.

Kenyataan itu berbeda dengan film kumpulan superhero semacam The Avenger. Dalam film Avenger, kita bisa langsung memahami mana protagonis dan mana antagonis. Hal itu berbeda dengan Suicide Squad. Dalam Suicide Squad batas antara protagonis dan antagonis menjadi kabur.

Film ini disutradarai oleh David Ayer, semenara naskah skenarionya ditulis David Ayer bersama Justin Marks. Aktor dan aktris terkenal ikut membintangi film ini, di antaranya Will Smith, Jared Leto, Margot Robbie, Jai Courtney, Cara Delevingne, Ben Affleck, dan Viola Davis.

David Ayer, sang sutradara, menyatakan bahwa pembuatan film Suicide Squad merupakan proyek Comic Book Movie 2.0. Tampaknya, yang ia maksud dengan istilah itu adalah penggambaram karakter protagonis yang memiliki konsep berbeda dengan film adaptasi komik lainnya. Dalam Suicide Squad, karakter protagonis adalah perubahan dari karakter antagonis.

Berikut ini data detail seputar film Suicide Squad:

Genre: Action
Sutradara: David Ayer
Produser: Charles Roven, Richard Suckle
Penulis Naskah: David Ayer, Justin Marks
Produksi: Atlas Entertainment, DC Entertainment

Pemain Film Suicide Squad:
Will Smith (Floyd Lawton/Deadshot)
Jared Leto (The Joker)
Margot Robbie (Dr. Harleen F. Quinzel /Harley Quinn)
Jai Courtney (Captain Boomerang)
Cara Delevingne (Enchantress)
Viola Davis (Amanda Waller)
Ben Affleck (Bruce Wayne/Batman)

Baca juga: Mengenal Para Penjahat Super Dalam Suicide Squad