Pentingnya Percaya Kepada Diri Sendiri

Pentingnya Percaya Kepada Diri Sendiri

BIBLIOTIKA - Apa yang lebih penting dari sikap percaya kepada diri sendiri? Ini adalah modal awal sebelum seseorang melemparkan impiannya ke atas langit. Kepercayaan diri seseorang mempengaruhi bukan saja bagaimana bentuk impiannya, tetapi juga mempengaruhi bagaimana impiannya itu akan di-wujudkan.

Orang yang memiliki kepercayaan kepada diri sendiri selalu yakin terhadap kemampuannya dalam meraih impian yang ditujunya, dan ia tidak akan terlalu bergantung kepada orang lain dalam rangka mewujudkan impiannya.

Sebaliknya, orang yang tidak percaya kepada dirinya sendiri akan lebih memfokuskan pada hal-hal lain di luar dirinya, karena ia selalu saja merasa ragu dengan dirinya sendiri. Bukannya berpikir bagaimana ia harus berjalan dengan pasti menuju impiannya, ia justru berpikir tentang bagaimana pendapat orang lain tentang impiannya, atau berpikir apakah impian ini akan bisa tercapai atau malah gagal.

Kalau kamu percaya kepada dirimu sendiri, kamu akan bebas memusat-kan perhatianmu untuk memperbaiki diri dan kehidupanmu, sekaligus meraih potensi tertinggi dan terwujudnya impianmu. Tetapi kalau kamu tidak percaya kepada diri sendiri, kamu akan lebih sering merasa ragu-ragu. Impian membutuhkan kepastian, dan tidak memerlukan keraguan. Bukankah kamu harus percaya dan yakin terhadap impianmu?

Herb True mengatakan, “Banyak orang menjadi sukses meskipun orang lain tidak mempunyai keyakinan kepadanya. Tetapi jarang ada orang yang sukses ketika ia tidak percaya kepada dirinya sendiri.”

Jadi, bangunlah percaya dirimu untuk membangun masa depan dan meraih cita-citamu, jangan terlalu menghiraukan tentang bagaimana pendapat orang lain mengenai impianmu. Yang penting dalam hidupmu adalah bagaimana pikiranmu terhadap hidupmu sendiri, dan bukannya bagaimana pendapat orang lain tentang bagaimana seharusnya hidupmu.

Selain itu, ketika kamu memiliki rasa percaya diri, maka kamu akan tahu bagaimana caranya harus hidup! Kalau ini masih kurang, dengarkan apa yang dikatakan oleh Norman Vincent Peale, “Ketika kamu menjadi orang yang percaya pada diri sendiri, kamu berada pada jalan menuju tempat yang kamu inginkan.”

Masih kurang juga? Sekarang dengarkan apa yang dikatakan oleh filsuf dan penyair terbesar Amerika, Ralp Waldo Emerson, “Rasa percaya diri adalah kunci rahasia pertama dari kesuksesan seseorang.”

Jadi, yakinilah impianmu, percayalah pada dirimu sendiri!