Panduan Memilih Sekolah untuk Anak

Panduan Memilih Sekolah untuk Anak

BIBLIOTIKA - Memilih sekolah atau tempat pendidikan adalah hal yang mutlak diperhatikan oleh orang tua. Hal ini karena berhubungan langsung dengan anak setelah ia memasuki komunitas belajarnya. Kesalahan dalam memilih sekolah akan menyebabkan anak mengalami depresi dan hilangnya minat belajar anak. Berikut ini tips memilih sekolah yang bisa Anda ikuti.

Sekolah dengan pendidikan karakter keimanan

Pilihlah sekolah yang sesuai dengan karakter keimanan anak. Usia pendidikan dasar membutuhkan lingkungan/komunitas belajar yang sesuai dengan karakter keimanan anak. Pada usia emas (golden Age) pendidikan karakter perlu diberikan sedini mungkin.

Sesuai dengan kebutuhan anak

Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak, dengan kemampuan dan minat anak. Menempatkan anak dengan kemampuan yang terbatas di sekolah akselerasi tentu membuat kondisi anak menjadi tertekan. Yang perlu diingat bahwa masa pendidikan dasar adalah masa dimana anak-anak sangat membutuhkan waktu untuk bermain.

Metode dan fasilitas pendidikan

Di beberapa sekolah memberikan metode pengajaran yang menarik dan menyenangkan di tengah beban standar kurikulum yang semakin berat. Fasilitas sekolah juga merupakan salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan anak dalam proses belajar.

Komunitas belajar yang sehat

Setelah anak masuk dalam lingkungan belajar, hal yang pertama kali ditemui adalah teman-teman yang berasal dari latar belakang sosial yang berbeda. Jika latar belakang sosial teman-teman sebayanya buruk, tentunya akan mempengaruhi perkembangan sosial anak. Komunitas belajar yang sehat membantu menciptakan karakter sosial anak yang sehat pula.

Biaya pendidikan

Sekolah yang baik kadang kala membutuhkan biaya pendidikan yang tidak sedikit. Ini berkaitan dengan penyedian sarana belajar yang lengkap. Ada banyak biaya yang harus diperhitungkan selain uang sekolah dan uang masuk. Biaya buku, les belajar, dan lain sebagainya kadangkala jauh lebih mahal daripada uang sekolah anak.

Dari beberapa hal tersebut, hal yang terpenting dalam memilih sekolah untuk anak adalah berpusat pada anak, bukan karena ego orang tua semata. Jika anak Anda merasa nyaman dan dapat mengembangkan dirinya, baik secara intelektual maupun secara sosial dengan optimal, hal itulah yang menjadi indikator kesesuaian anak dengan sekolah yang orang tua pilih.