Kisah Panjang di Balik Lahirnya Coca-Cola (2)

 Kisah Panjang di Balik Lahirnya Coca-Cola

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kisah Panjang di Balik Lahirnya Coca-Cola 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Nah, sekarang kita akan menyaksikan sebuah kisah tentang kenyataan yang lebih ajaib dari dongeng, sebuah kenyataan yang dimulai dari sebuah gagasan, sebuah imajinasi, sebuah impian!

Sekarang kita akan melihat kekayaan besar berlimpah-limpah yang telah dihasilkan oleh gagasan impian tersebut. Kekayaan yang belimpah-limpah itu mengalir keluar dari ketel tua itu. Kekayaan yang belimpah-limpah itu masih terus mengalir kepada siapapun, baik pria maupun wanita yang ikut mem-bagi-bagikan isi ketel itu kepada berjuta-juta orang di dunia ini. Dan kekayaan yang belimpah-limpah itu pun masih mengalir dan terus mengalir hingga sekarang, hingga hari ini, hingga saya menuliskan kisah ini.

Ketel tua itu sekarang merupakan salah satu konsumen gula yang terbesar di dunia, dan karenanya ketel tua itu memberikan pekerjaan kepada ribuan pria dan wanita yang bekerja di kebun tebu dan di pabrik-pabrik gula serta perdagangan gula.

Ketel tua itu setiap tahun mengkonsumsi jutaan botol kaca, dan itu memberikan pekerjaan kepada banyak orang yang bekerja di pabrik gelas.

Ketel tua itu memberikan pekerjaan kepada para juru tulis, stenografer, perancang iklan, artis dan ribuan orang lain dalam banyak profesi. Ketel tua itu memberikan kemasyhuran dan kekayaan kepada berpuluh-puluh seniman yang menciptakan gambar-gambar indah untuk melukiskan sesuatu yang dihasilkan oleh ketel tua itu.

Ketel tua itu mengubah sebuah kota yang pada mulanya kecil menjadi sebuah ibu kota bisnis yang sangat menguntungkan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dan sesuatu yang dihasilkan oleh ketel tua itu pun telah dijadikan bisnis yang praktis bagi begitu banyak orang di muka bumi ini.

Sesuatu yang telah dihasilkan dari ketel tua itu sekarang memberikan keuntungan bagi setiap negara beradab di seluruh dunia, dan kekayaan yang dialirkan dari ketel tua itu terus mengalir tak ada habis-habisnya kepada siapapun yang mau menyentuhnya.

Kekayaan yang dihasilkan dari aliran ketel tua itu membangun dan memelihara salah satu Perguruan Tinggi yang paling terkemuka di dunia, tempat beribu-ribu anak muda menerima latihan yang penting dan berguna untuk mencapai sukses di masa depan.

Sesuatu yang dihasilkan dari ketel tua itu telah dirasakan dan dinikmati oleh berjuta-juta orang di muka bumi ini, lelaki maupun perempuan, dari berbagai profesi, dari berbagai golongan, dari kaum jetset sampai orang-orang gelandangan.

Sesuatu yang dihasilkan dari ketel tua itu juga telah mem-berikan banyak impian, inspirasi, kenangan, kisah cinta, dan segala kisah yang mungkin dialami oleh manusia. Dan ketika saya menulis kisah ini, produk yang dihasilkan dari ketel tua itu pun ada di dekat saya, menemani kerja saya dan memberikan kesegaran saat saya meminumnya.

Apa sebenarnya yang dihasilkan oleh ketel tua yang benar-benar ajaib itu?    

Coca-Cola!

Nah, Kawan-kawan, dimana pun kamu tinggal, berapapun umurmu sekarang, apapun pekerjaanmu, setiap kali kamu melihat tulisan Coca-Cola, maka ingatlah bahwa kerajaan kekayaan yang begitu luas yang telah di-hasilkannya itu timbul dari sebuah gagasan dan impian yang muncul dalam benak pikiran si pelayan toko, ketika ia mencampurkan suatu resep lain ke dalam ketel tua yang telah dibelinya. Dan siapakah nama si pelayan toko itu?

Namanya Asa Candler, sang multi milyuner Coca-Cola!