Kisah Panjang di Balik Lahirnya Coca-Cola (1)

Kisah Panjang di Balik Lahirnya Coca-Cola

BIBLIOTIKA - Kamu pasti pernah membaca atau mendengar kisah tentang lampu Aladdin. Sebagaimana yang kamu ketahui, dengan memiliki sebuah lampu Aladdin, kamu tinggal menggosok lampu itu dan jin di dalamnya pun akan keluar dan mengabulkan semua keinginanmu. Begitu mudah, sekaligus begitu mengagumkan.

Tetapi itu hanya ada di dunia fiksi, di dunia khayalan. Di dunia yang nyata ini, ada kisah yang mirip dengan kehebatan lampu Aladdin itu, bahkan ini lebih hebat dan lebih menggetarkan. Inilah kisahnya…

Enam puluh lima tahun yang lalu, seorang dokter desa yang sudah berusia lanjut pergi ke kota dengan mengendarai kereta kuda. (Waktu itu motor dan mobil belum musim seperti sekarang). Setelah menambatkan kereta kudanya, dengan diam-diam ia menyelinap masuk ke toko obat lewat pintu belakang, menemui si pelayan toko obat, dan mulai berbicara dengan serius dengan pelayan toko yang masih muda.

Ceritanya, dokter desa yang tua itu tengah butuh uang, dan ia ingin menjual ketel miliknya kepada pelayan toko itu. Selama lebih dari satu jam, di belakang meja penerimaan resep, dokter tua dan pelayan toko obat itu bercakap-cakap dengan suara rendah. Kemudian, setelah ada kesepakatan, dokter tua itu pun keluar dari toko, menuju keretanya, mengambil sebuah ketel model kuno dan sendok kayu besar (yang digunakan untuk mengaduk isi ketel), dan menaruhnya di bagian belakang toko itu.

Pelayan toko obat itu memeriksa ketel sejenak, kemudian merogoh saku celananya untuk mengambil uang, dan mengeluarkan segulung uang kertas, lalu memberikannya kepada si dokter tua. Segulung uang kertas itu berjumlah lima ratus dolar. Itu adalah jumlah seluruh tabungan si pelayan toko!

Si dokter kemudian menyerahkan secarik kertas yang berisi kata-kata dari suatu resep rahasia. Kelak, kata-kata yang tertulis dalam selembar kertas itu akan bernilai milyaran dolar! Waktu itu, si pelayan toko sama sekali tidak menyadari betapa ajaibnya resep rahasia yang terdapat dalam kertas itu.

Kata-kata yang terdapat dalam kertas itu adalah aturan atau cara-cara untuk mendidihkan air dalam ketel, namun baik pelayan toko itu maupun si dokter sendiri waktu itu sama sekali tidak tahu bahwa harta yang luar biasa besarnya akan mengalir keluar dari ketel tersebut.

Dokter tua itu pun pergi meninggalkan toko obat dengan hati gembira karena bisa menjual benda itu seharga lima ratus dolar, sedangkan si pelayan toko mengambil risiko besar dengan mempertaruhkan semua tabungannya hanya untuk membeli secarik kertas dan sebuah ketel tua! Dia tak pernah memimpikan investasinya itu akan membuat ketel itu mengalirkan emas dan pada suatu hari kelak bahkan akan melampaui kemampuan ajaib lampu Aladdin.

Apa yang sesungguhnya dibeli oleh si pelayan toko itu sebenarnya adalah gagasan dan imajinasi sebuah impian!

Ketel tua, sendok kayu dan resep rahasia pada selembar kertas itu hanya suatu kebetulan belaka. Kemampuan dahsyat yang muncul dari ketel tua itu mulai diperlihatkan setelah pemiliknya yang baru (yakni si pelayan toko itu) memikirkan suatu campuran resep lain yang dipikirkannya, yang sama sekali tak diketahui oleh pemiliknya yang lama (si dokter tua yang telah menjual-nya).

Resep yang tertulis dalam selembar kertas itu hanya berisi cara-cara penggunaan ketel itu untuk mendidihkan air, namun si pelayan toko yang sekarang memilikinya itu memikirkan suatu resep lain untuk ia campukan dalam ketel itu, yang kemudian menjadi semacam obsesi baginya. Coba tebak apa kira-kira yang dicampurkan oleh si pelayan toko itu ke dalam resep yang telah tertulis di kertas itu.

Baca lanjutannya: Kisah Panjang di Balik Lahirnya Coca-Cola (2)