Kiat-kiat Mudah Panjang Umur

Kiat-kiat Mudah Panjang Umur

BIBLIOTIKA - Ingin tetap awet muda dan mencapai usia lebih dari seratus tahun? Ikutilah kiat-kiat gaya hidup sehat berikut ini. Rahasia ini diperoleh dari suatu hasil jajak pendapat terhadap 100 orang yang berusia lebih dari seratus tahun di Amerika Serikat.

Salah satu tip yang paling dianjurkan menurut jajak pendapat ini adalah tetaplah berinteraksi, berhubungan dekat dengan keluarga atau pun teman. Rahasia lainnya selalu berupaya untuk membuat otak dan pikiran selalu aktif dan menjaga hati tetap bahagia dengan tertawa. "Jika saya boleh menitipkan suatu pesan, janganlah berhenti untuk berpikir. Selamanya," ungkap seorang wanita yang sudah mencapai 102 tahun, Maurice Eisman.

Sedangkan hal yang harus selalu Anda hindari dan jauhkan dari hidup, kata Eisman, adalah adalah stres. "Saya kira hal yang paling buruk adalah stres, dan Anda dapat menghindarinya dengan cara mengatur kehidupan Anda," tegasnya.

Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan per telepon itu terungkap bahwa beberapa partisipan ternyata juga memiliki gaya hidup modern. Sekitar 19 persen di antaranya mengaku memakai ponsel, 12 persen terbiasa memakai Internet, dan 3 persen bahkan berkencan dengan seseorang yang dikenal lewat chatting. Sebanyak 45 persen juga mengenal pemenang American Idol 2005, Carrie Underwood.

Ditanya tentang siapa selebritas favorit yang ingin mereka ajak bila ada kesempatan makan malam, sebagian besar memilih aktor Bill Cosby, disusul pegolf Tiger Woods, dan presenter Oprah Winfrey. Britney Spears dan Howard Stern juga masuk favorit, meski pilihannya paling sedikit.

Jajak pendapat ini digagas GfK Roper Public Affairs & Media dalam suatu program koordinasi kesehatan untuk para lansia. Berikut adalah 10 kiat yang diikuti dengan persentase seberapa penting maknanya bagi hidup orang-orang yang panjang umur di atas:
  1. Tetap dekat dengan keluarga dan teman: 90%
  2. Menjaga pikiran tetap aktif: 89%
  3. Tertawa dan memiliki rasa humor: 88%
  4. Tetap memelihara kerohanian atau spiritualitas: 84%
  5. Terus berharap dapat melewati hari-hari baru: 83%
  6. Tetap bergerak dan olahraga: 82%
  7. Memelihara rasa kebebasan: 81%
  8. Makan dengan sehat: 80%
  9. Tetap mengikuti berita dan perkembangan terbaru: 63%
  10. Terus mencari kawan baru: 63%