Daftar Mall dan Pusat Perbelanjaan Besar di Surabaya (2)

  Daftar Mall dan Pusat Perbelanjaan Besar di Surabaya

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Daftar Mall dan Pusat Perbelanjaan Besar di Surabaya 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Royal Plaza
   
Royal Plaza adalah pusat perbelanjaan yang modern dan lengkap. Di sana ada Matahari Department Store, toko buku Gramedia, dan lain-lain. Selain itu, menu kuliner di mall tersebut tergolong lengkap, dengan ruangan foodcourt yang sangat luas. Di sana juga terdapat tempat refresing seperti spa dan massage, bahkan hiburan malam. Yang perlu diingat, mall ini sangat ramai dan penuh sesak saat hari libur, karenanya—jika membutuhkan suasana yang lebih sepi—sebaiknya datanglah ke sana di luar hari libur.

Surabaya Town Square
   
Biasa disingkat SUTOS, mall ini buka sampai larut malam, bahkan kadang hingga dini hari pukul 01:00. Kalau di Jakarta, mall ini mirip La Piazza Kelapa Gading. Selain sebagai pusat perbelanjaan, SUTOS juga kerap mengadakan pagelaran musik, konser, maupun acara nonton bareng (nobar) MotoGP atau pertandingan sepak bola seperti Final Liga Champions, Piala Eropa, maupun Piala Dunia.

Tunjungan Plaza 

Bisa dibilang, Tunjungan Plaza adalah mall “legendaris” di Surabaya. Plaza dengan empat bangunan yang saling terhubung ini merupakan puat perbelanjaan terluas dan paling terkenal di Surabaya. Wisatawan yang datang ke sana biasanya merasa belum lengkap jika belum masuk Tunjungan Plaza. Lokasinya di pusat kota Surabaya, berbatasan dengan Surabaya utara, sebelum daerah Blauran. Di sana, Anda bisa menemukan hampir apa pun yang ada di Surabaya, mulai pakaian, barang elektronik, kuliner, hotel, sampai hiburan malam.

Pusat Grosir Surabaya 

Biasa disingkat PGS, mall ini merupakan pusat grosir di Surabaya, yang menyediakan aneka jenis barang kebutuhan pribadi dan rumah tangga, khususnya dalam skala besar yang ditujukan untuk para pedagang (grosir). Jika Anda mendatangi mall ini, Anda perlu hati-hati, karena mall ini terkenal rawan copet. Selain itu, tempat parkir mall ini juga selalu padat, sehingga butuh kesabaran untuk mendapatkan tempat parkir.

Pakuwon Indah Supermall

Dibuka pertama kali pada 2003, Pakuwon Indah Supermall segera berkembang menjadi tempat pertumbuhan Central Business District (CBD), sebuah kawasan bisnis terpadu yang dikembangkan oleh Pakuwon Indah Housing Estate di Surabaya barat. Dengan bangunan berlantai tiga yang menempati lahan seluas 90.000 meter persegi, mall ini menyediakan semua kebutuhan penting masyarakat, selain menyuguhkan suasana modern yang nyaman.

Galaxy Mall

Dibuka pertama kali pada 1995, Galaxy Mall memiliki lima lantai yang dipenuhi tenant-tenant nasional maupun internasional. Keberadaan tenant-tenant yang banyak di mall tersebut menjadikan kebutuhan belanja masyarakat mudah terpenuhi, khususnya di kawasan Surabaya bagian timur. Di sini, pengunjung dapat berbelanja segala kebutuhan keluarga cukup di satu tempat (one stop shopping) mulai dari produk pakaian (fashion), makanan (kuliner), hingga dunia hiburan (entertainment).

World Trade Center    

World Trade Center atau WTC Surabaya bisa dibilang sebagai surganya ponsel. Kenyataannya, WTC adalah puat perbelanjaan ponsel, smartphone, laptop, kamera, maupun gadget lainnya. Mall dengan bangunan enam lantai ini menyediakan segala tipe dan merek ponsel, juga powerbank, tablet PC, dan lain-lain. Di sini juga terdapat service center produk smartphone terkemuka, pusat informasi handphone, kantor perwakilan operator telepon seluler, penjual aksesoris ponsel, dan dilengkapi tempat makan yang memiliki fasilitas wi-fi plus minimarket.

Mall dan pusat perbelanjaan lain

Selain mall-mall yang telah disebutkan di atas, di Surabaya masih terdapat banyak mall dan pusat perbelanjaan lain yang sama-sama besar, di antaranya Grand City Surabaya (yang merupakan mall dengan Studio XXI pertama di Surabaya), Lenmarc (terletak berdekatan dengan Supermall Pakuwon Trade Center), Plaza Surabaya atau Delta Plaza (salah satu pusat perbelanjaan tertua di Surabaya), JS Plaza, Dupak Grosir, Ciputra World Surabaya, Kapas Krampung Plaza (KAZA), East Coast Center, Tunjungan Electronic Center, Mangga Dua Center, Tunjungan City, ICBC Center, Darmo Trade Centre (DTC), Central Point Mall, Empire Palace, Golden City Mall, Pasar Atum Mall, Pasar Turi, dan lain-lan.