Daftar Berbagai Jenis Phobia, dari A Sampai Z (Bagian 1)

Daftar Berbagai Jenis Phobia, dari A Sampai Z

BIBLIOTIKA - Phobia atau fobia adalah gangguan kecemasan, yang umumnya didefinisikan sebagai ketakutan terus menerus pada suatu objek atau situasi yang menjadikan seseorang (penderita fobia) berusaha keras menghindarinya. Sebagai contoh, orang yang mengalami fobia terhadap ketinggian atau tempat tinggi, akan berusaha menjauhi tempat-tempat seperti itu, karena sangat ketakutan.

Karena bersifat fobia, ketakutan penderita fobia pun umumnya tidak proporsional dengan bahaya atau ancaman yang sebenarnya dapat ditimbulkan oleh suatu objek atau situasi/kondisi tertentu, sehingga ketakutan yang timbul cenderung tidak rasional.

Untuk kondisi tempat tinggi, sebagai contoh, sebagian orang memang memiliki ketakutan wajar berada di tempat tinggi, dengan alasan yang wajar, dan ketinggian yang ditakuti pun masih dalam batas wajar. Misalnya, saat melintasi tempat tinggi semisal jembatan penyeberangan orang di jalan raya, bisa saja orang mengalami ketakutan karena kondisi jembatan yang sudah rapuh, sehingga khawatir jembatan ambruk sewaktu-waktu. Itu jenis ketakutan yang wajar, karena orang tentu tidak akan terlalu khawatir atau takut jika kondisi jembatan penyeberangan benar-benar dalam keadaan baik.

Namun, bagi yang menderita fobia tempat tinggi, ketakutan mereka tidak didasarkan pada kondisi tempat atau situasi tertentu, melainkan lebih didasarkan pada perasaan mereka sendiri. Seperti pada contoh jembatan penyeberangan yang melintang tinggi di atas jalan raya, orang yang menderita fobia ketinggian akan mengalami ketakutan, tak peduli kondisi jembatan itu baik dan kokoh. Intinya, dia takut pada ketinggian, dan akan berusaha menjauhi atau menghindari.

Karena itu pula, ketakutan yang dipengaruhi oleh fobia memang cenderung tidak proporsional, sekaligus tidak rasional. Yang mungkin belum banyak diketahui orang, fobia memiliki jenis dan macam yang banyak sekali. Orang yang takut ketinggian atau takut berada di tempat tertutup, mungkin masih bisa dibilang “wajar”, meski kadang ketakutan mereka di luar kewajaran.

Namun, di luar fobia semacam itu, ada jenis-jenis fobia lain yang lebih “tidak wajar dan tidak masuk akal”. Misalnya, ada jenis fobia yang disebut alektorophobia, yaitu ketakutan terhadap ayam. Ada pula fobia yang disebut anthrophobia atau anthophobia, yaitu ketakutan terhadap bunga. Itu contoh jenis fobia yang mungkin sulit dinalar akal sehat, namun benar-benar terjadi pada sebagian atau beberapa orang.

Di luar itu, masih banyak jenis fobia lain yang sama tidak masuk akal, dan bisa jadi akan membuat kita tercengang. Berikut ini adalah daftar fobia, dari A sampai Z, beserta arti atau maknanya.

A

Ablutophobia - Takut mencuci atau mandi.
Acarophobia - Takut gatal atau serangga yang menyebabkan gatal-gatal.
Acerophobia - Takut asam.
Achluophobia - Takut kegelapan.
Acousticophobia - Takut suara.
Acrophobia - Takut ketinggian.
Aerophobia - Takut menelan udara, atau zat beracun di udara.
Aeroacrophobia - Takut tempat-tempat tinggi yang terbuka.
Aeronausiphobia - Takut mabuk udara.
Agateophobia - Takut kegilaan.
Agliophobia - Takut sakit.
Agoraphobia - Takut ruang terbuka atau berada di tempat ramai, atau tempat-tempat umum seperti pasar.
Agraphobia - Takut pelecehan.
Agrizoophobia - Takut binatang liar.
Agyrophobia - Takut jalan atau menyeberang jalan.
Aichmophobia - Takut jarum atau benda runcing.
Ailurophobia - Takut kucing.
Albuminurophobia - Takut penyakit ginjal.
Alektorophobia - Takut ayam.
Algophobia - Takut sakit.
Alliumphobia - Takut bawang putih.
Allodoxaphobia - Takut pendapat.
Altophobia - Takut ketinggian.
Amathophobia - Takut debu.
Amaxophobia - Takut mengendarai mobil.
Ambulophobia - Takut berjalan.

Baca lanjutannya: Daftar Berbagai Jenis Phobia, dari A Sampai Z (Bagian 2)