Daftar 20 Alamat Surat Kabar Digital Indonesia

Daftar 20 Alamat Surat Kabar Digital Indonesia

BIBLIOTIKA - Ada dua cara membaca surat kabar harian. Pertama, membacanya dalam bentuk cetak atau yang biasa disebut koran. Kedua, membacanya dalam bentuk digital atau yang biasa disebut e-Paper. Mana yang terbaik? Jawabannya tentu tergantung masing-masing selera orang.

Di masa lalu, ketika internet belum sepesat sekarang, sehingga masih sedikit yang mengakses, orang memang harus membaca berita harian melalui koran yang dicetak. Namun, setelah internet digunakan jutaan orang seperti sekarang, membaca berita harian bisa dilakukan melalui internet. Dari situ pula lalu muncul istilah e-Paper.

e-Paper adalah surat kabar cetak versi digital. Karenanya, e-Paper merupakan versi lengkap surat kabar cetak, namun ditujukan untuk pengguna internet. Isi e-Paper sama persis dengan isi surat kabar yang dicetak, baik isi beritanya, maupun desainnya. Bedanya, jika surat kabar cetak menggunakan kertas, e-Paper menggunakan internet atau digital.

e-Paper juga beda dengan situs biasa, meski e-Paper terdapat dalam sebuah situs. Misalnya, Kompas.Com memiliki situs yang isinya di-update setiap hari berupa artikel-artikel berita. Namun, Kompas.Com juga menyediakan e-Paper di luar artikel-artikel yang mereka masukkan ke dalam situs.

Bagi generasi zaman sekarang, bisa jadi membaca e-Paper lebih menyenangkan daripada membaca koran dalam bentuk cetakan kertas. Selain lebih praktis dan lebih murah (karena hanya mengandalkan koneksi internet), membaca berita di e-Paper juga lebih cepat, karena tidak harus ke toko koran untuk membeli, atau menunggu loper koran mengirimkan surat kabar langganan.

Media-media terkenal di Indonesia, semisal Kompas, Jawa Pos, Republika, dan lain-lain, saat ini sudah menyediakan koran versi digital, yang bisa diakses melalui internet. Sebagian memang ada yang harus mendaftar terlebih dulu untuk mengakses e-Paper tersebut, namun sebagian lain bebas diakses tanpa mendaftar.

Sebagian besar media tersebut menggunakan aplikasi softpressmedia, pressmart, atau lainnya, untuk mendigitalkan koran mereka, sehingga kita pun dapat menikmati e-Paper terbitan mereka seperti menikmati koran sesungguhnya. Jika ingin mencoba membaca e-Paper media-media di Indonesia secara mudah dan praktis, Anda bisa mencoba alamat-alamat e-Paper berikut ini.

Kompas: http://epaper.kompas.com
Media Indonesia: http://epaper.mediaindonesia.com
Koran Tempo: http://epaper.korantempo.com
Suara Merdeka: http://anax1a.pressmart.net/SuaraMerdeka
Pontianak Post: http://epaper.pontianakpost.com
Jawa Pos: http://versipdf.jawapos.co.id
Republika: http://epaper.republika.co.id
Riau Pos: http://epaper.riaupos.info
Kaltim Post: http://pdf.kaltimpost.net
Pikiran Rakyat: http://epaper.pikiran-rakyat.com
Tribun Timur: http://www.tribun-timur.com/epaper
International Bali Post: http://internationalbalipost.com
Pos Kota: http://www.poskota.co.id/e-paper
Banjarmasin Post: http://epaper.banjarmasinpost.co.id
Solo Pos: http://solopos.com/epaper
Harian Sumut: http://epaper.hariansumutpos.com
Batam Pos: http://epaper.batampos.co.id
Bangka Pos: http://epaper.bangkapos.com
Bali Post: http://epaper.balipost.com
Rakyat Aceh: http://epaper.rakyataceh.com