11 Fakta Menarik Seputar Shahrukh Khan

 11 Fakta Menarik Seputar Shahrukh Khan

BIBLIOTIKA - Shahrukh Khan adalah aktor Bollywood atau India yang sangat terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Ada banyak film Shahrukh Khan yang populer, dan menjadikan namanya menempati posisi atas di jajaran bintang-bintang Bollywood.

Aktor dengan lesung pipit itu lahir di Pathan, India, pada 2 November 1965. Bisa dibilang, Shahrukh Khan menjalani perjuangan panjang hingga bisa sesukses dan seterkenal sekarang. Latar belakang keluarganya tidak ada yang memiliki hubungan dengan dunia akting. Karenanya, saat Shahrukh Khan terjun ke dunia akting, dia benar-benar memulainya dari nol. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar Shahrukh Khan.

Saat terjun ke dunia akting, peran pertama Shahrukh Khan adalah membintangi serial di stasiun televisi Lekh Tandon, berjudul Dil Dariya. Tapi rupanya produksi serial itu mengalami masalah, sehingga tidak jelas. Kemudian, pada 1988, Shahrukh Khan membintangi serial televisi yang benar-benar menjadi debutnya, berjudul Fauji. Ia memainkan peran utama sebagai Abimanyu Rai, dan mendapat penghargaan dalam acara Critic Award, yang membuatnya mendapatkan pengakuan masyarakat.

Shahrukh Khan termasuk orang India “campuran”. Dia setengah orang Pathan (ayah) dan setengah orang Hyderabad (ibu). 

Shahrukh Khan bersekolah di St. Columb, dan di sana dia memiliki nilai yang sangat baik di bidang olahraga, drama, serta akademisi. Dia memenangkan Sword of Honour, sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada siswa yang paling mewakili semangat sekolah.

Shahrukh Khan sangat menyukai bahasa Hindi. Pada waktu dia masih remaja, ibunya membuat kesepakatan; kalau Shahrukh Khan bisa mendapat nilai tertinggi dalam Bahasa Hindi, ibunya akan membawanya menonton film Hindi. Shahrukh Khan berhasil meraih nilai tertinggi, dan mereka pun menonton film Joshila, yang diperankan Dev Anand. 

Dalam kesibukan sehari-hari, Shahrukh Khan selalu menyempatkan diri untuk makan di sebuah restoran bernama Darya Ganj, di Delhi.

Shahrukh Khan adalah aktor pertama di India yang mendukung Consumers Goods, sehingga menjadikannya aktor dengan jumlah iklan paling banyak, sekaligus membuka pintu bagi bintang-bintang lain di dunia iklan.

Kata-kata favorit Shahrukh Khan adalah, “Ayo kita lakukan.”

Ketika menjalani adegan dalam film Shakti, Shahrukh Khan sempat mengalami cedera tulang belakang.

Di India, Shahrukh Khan dikenal sebagai sosok yang rendah hati, selalu menjaga privasi, serta menyukai kegiatan sosial.

Selama jadwal sibuk, Shahrukh Khan hanya tidur 5 jam sehari.

Shahrukh Khan adalah pemilik klub kriket terbesar di liga Indian Premier League, bernama Kolkata Knights Riders. Dia juga berencana membeli sebuah klub sepak bola di India.