10 Nama Artis Paling Berbahaya di Dunia Maya

10 Nama Artis Paling Berbahaya di Dunia Maya

BIBLIOTIKA - Banyak pengguna internet yang sering mencari kabar atau berita terbaru mengenai artis-artis favoritnya. Keberadaan search engine pun sangat membantu dalam hal itu, sehingga siapa pun dapat terus mengikuti berita artis-artis kesayangan kapan pun. Kenyataannya, memang ada jutaan pengguna internet yang suka mencari kabar artis pujaannya melalui dunia maya.

Rupanya, kecenderungan semacam itu dimanfaatkan oleh beberapa orang tidak bertanggung jawab untuk memasukkan malware ke dalam nama-nama artis, khususnya yang paling sering atau paling banyak dicari di internet. Kenyataan itu diungkap oleh layanan antivirus McAfee, yang memperingatkan para pengguna internet agar berhati-hati saat mencari berita terbaru mengenai artis pujaan.

Berdasarkan laporan McAfee, oknum jahil paling banyak menyematkan malware pada hasil penelusuran pada sepuluh nama artis, dan Amy Schumer menduduki peringkat paling atas.

Amy Schumer adalah komedian yang sedang menarik perhatian banyak pihak sebagai stand-up comedian, yang menjalankan tur ke tiga benua. Dia juga berkarir sebagai penulis, aktris, dan produser. Terakhir, ia dinominasikan dalam lima kategori penerima Emmy Award untuk karya serial televisi berjudul Inside Amy Schumer.

Beberapa nominasi bergengsi lain yang ia dapat adalah Writers Guild of America Award untuk Screenplay Terbaik dan The Golden Globe Award untuk Aktris Terbaik. Karenanya tidak heran kalau banyak orang sering mencari kabarnya dengan mengetikkan namanya di mesin pencari.

Sayangnya, menurut McAfee, ketika kita mengetik nama Amy Schumer di kolom mesin pencari, gadget atau perangkat komputer kita berisiko terinjeksi malware yang berseliweran. McAfee menganalogikan pencarian Amy Schumer seperti aksi menyerang diri sendiri. Gary Dacis, Chief Consumer Security Evangelist di Intel Security, juga membenarkan pernyataan McAfee.

Gary Dacis juga melihat kecenderungan para pengguna internet saat ini yang selalu menginginkan informasi terbaru seputar budaya pop, yang salah satunya kabar tentang artis Hollywood. “Kebiasaan itu dimanfaatkan para kriminal cyber untuk menaruh malware di situs-situs yang sering digunakan untuk mencari artis tertentu,” ujarnya.

Berikut ini adalah sepuluh nama artis yang bisa mendatangkan potensi bahaya ke komputer atau gadget Anda, jika mengetik nama-nama mereka di kolom mesin pencari:

1. Amy Schumer
2. Justin Bieber
3. Carson Daly
4. Will Smith
5. Rihanna
6. Miley Cyrus
7. Chris Hardwick
8. Daniel Tosh
9. Selena Gomez
10. Kesha

Sepuluh nama di atas memang terbatas pada artis Hollywood. McAfee atau perusahaan keamanan cyber lainnya belum merilis secara spesifik nama-nama artis Indonesia yang berbahaya secara online. Karenanya, jika Anda kebetulan penggemar salah satu artis yang disebut di atas, sebaiknya lebih berhati-hati dan selalu memastikan perangkat yang Anda gunakan tidak mengalami masalah virus atau semacamnya.