10 Hal yang Akan Memicu Pecahnya Perang Dunia III (Bagian 1)

10 Hal yang Akan Memicu Pecahnya Perang Dunia III

BIBLIOTIKA - Dunia tidak sedang baik-baik saja. Meski di atas permukaan mungkin segalanya terlihat biasa, namun di kedalaman ada pergolakan yang terus meletup-letup. Kita di Indonesia mungkin bisa mengatakan bahwa dunia dalam keadaan damai, toh bisa dibilang Indonesia saat ini tidak mengalami masalah apa pun selain masalah dalam negeri. Tetapi, di luar sana, berbagai masalah terus bergolak, dan terus membesar.

Para pengamat politik internasional juga menyatakan hal yang sama, bahwa dunia tidak sedang baik-baik saja. Bahkan, mereka memprediksi akan terjadinya Perang Dunia III, akibat akumulasi berbagai masalah dan konflik yang saat ini sedang terjadi dan terus terjadi. Bagi kita di Indonesia, isu akan adanya Perang Dunia III mungkin terdengar berlebihan. Tetapi kondisi di luar sana memang sedang menuju ke arah itu.

Setidaknya, berdasarkan peristiwa yang sedang terjadi dan terus memanas di berbagai belahan bumi, berikut ini adalah 10 hal yang diyakini sebagai tanda akan meletusnya Perang Dunia III, yang bisa jadi akan berkobar tak lama lagi.

1. Krisis ekonomi global

Jika kita mempelajari sejarah, khususnya sejarah Perang Dunia I dan Perang Dunia II, kita akan mendapati bahwa dua perang dalam skala global itu terjadi karena banyak penyebab dan latar belakang. Namun, kedua perang besar itu memiliki tanda yang sama, yaitu dimulai dengan terjadinya krisis ekonomi global.

Krisis di masa lalu disebabkan pembiayaan militer yang meningkat. Itu terjadi pada awal Perang Dunia I, juga terjadi pada awal perang Dunia III, dan saat ini pun kembali terjadi. Beberapa negara—khususnya Amerika dan Rusia—menggelontorkan biaya besar-besaran untuk keperluan militer mereka, begitu pula Cina dan lainnya.

2. Ancaman dari Korea Utara 

Para pengamat internasional memang tidak menempatkan Korea Utara di barisan negara kuat. Namun, mereka menyadari bahwa Korea Utara memiliki potensi untuk menjadi negara yang sangat berbahaya. Saat ini saja, Korea Utara terus meluncurkan misil ke daerah Korea Selatan, tanpa alasan dan tujuan jelas.

Di samping itu, secara geopolitik, Korea Utara dikelilingi oleh tiga negara yang berpotensi mengancam kedamaian dunia, yaitu Rusia, Cina, dan Jepang. Sengaja atau tidak, negara-negara itu bisa saja membangkitkan sesuatu yang jauh lebih besar di panggung politik dunia, dan memicu terjadinya perang.

3. Iran telah siap berperang

Ancaman bahaya perang tidak hanya datang dari kawasan Eropa Timur dan Asia Tenggara, namun juga dari wilayah Timur Tengah. Iran, sebagai salah satu negara di sana, telah mengirimkan beberapa armada kapal menuju perairan nasional Amerika Serikat.

Amerika Serikat menyatakan bahwa jika Iran mengambil tindakan militer, maka AS akan menghentikan paksa pengembangan nuklir di Iran. Panglima militer Iran menjawab tantangan itu dengan menyatakan bahwa mereka siap berperang dengan Amerika, di darat maupun di lautan.

4. Perjanjian yang diingkari

Berdasarkan sejarah, Perang Dunia II mulai terjadi ketika perjanjian damai diingkari. Pada masa itu, Jerman dan Uni Soviet telah mengadakan perjanjian dan kesepakatan bersama, bahwa mereka akan menjalankan aksi damai tanpa agresi militer kepada pihak lain. Tetapi, penandatanganan nota perdamaian itu hanya bertahan dua tahun, sampai Adolf Hitler melanggar perjanjian dan mengirimkan tentara Nazi ke Uni Soviet.

Di masa sekarang, Rusia dan Cina juga memiliki kesepakatan yang ditandatangani bersama, yaitu perjanjian untuk tidak menggunakan nuklir. Kesepakatan itu bahkan dibuat belum lama, yaitu pada 2013. Meski begitu, tidak berarti bahwa salah satu dari keduanya tidak akan melanggar perjanjian tersebut, dan hal itulah yang dikhawatirkan banyak pihak.

5. Keterlibatan Amerika Serikat 

Perang Dunia III tidak akan terjadi, jika Amerika Serikat tidak terlibat secara aktif dalam konflik yang pecah. Sebaliknya, para pakar sejarah dan politik internasional sama-sama meyakini bahwa Perang Dunia III akan terjadi jika Amerika Serikat terlibat secara aktif dalam konflik yang berlangsung. Yang jadi masalah, kemungkinan kedua itulah yang akan terjadi.

Baca lanjutannya: 10 Hal yang Akan Memicu Pecahnya Perang Dunia III (Bagian 2)