Tips Seputar Kacamata, Pakaian, dan Sepatu

Tips Seputar Kacamata, Pakaian, dan Sepatu

BIBLIOTIKA - Berikut ini beberapa tips seputar membersihkan kacamata, membersihkan noda lem pada pakaian, dan tips membersihan atau memutihkan sepatu.

Tips membersihkan kacamata 

Kacamata berfungsi untuk memperjelas pandangan, khususnya bagi yang menderita mata minus atau karena faktor usia. Namun ada pula kacamata yang dikenakan dengan tujuan untuk menunjang penampilan, atau sebagai aksesoris.

Karena selalu dipakai, kacamata pun sering mengalami kotor atau kusam, terpapar debu, keringat, dan lain-lain, sehingga kacanya tidak jernih lagi. Karenanya, para pemakai kacamata pun berusaha untuk selalu rajin mencucinya.

Nah, ada tips yang akan membuat kacamata Anda selalu dalam keadaan bersih sekaligus jernih—bukan hanya kacanya, tapi juga gagangnya. Caranya, cucilah kacamata Anda dengan menggunakan air yang dicampur dengan sabun mandi (bukan sabun cuci). Setelah itu, dilap dengan menggunakan kain flanel yang halus. Dengan cara ini, kacamata Anda akan tampak seperti baru lagi.

Selain tips di atas, ada tip lain yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kacamata Anda agar jernih kembali. Yaitu dengan menggunakan jeruk nipis.

Pertama, bersihkan dulu kacamata Anda, kemudian gosokkan belahan jeruk nipis pada kacanya. Setelah itu, bilas dan lap dengan kain bersih atau menggunakan kertas tisu. Kacamata Anda pun akan jernih, dan tidak mudah kusam atau buram lagi.

Tips mencuci bahan/pakaian wol

Biasanya, orang menyerahkan tugas pencucian kain wol (entah celana, baju, atau lainnya) ke penyedia layanan laundri, karena tidak ingin merusakkan kain wol kesayangannya. Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa dipakai untuk mencuci dan membersihkan pakaian wol Anda tanpa harus khawatir merusakkannya.

Caranya sebagai berikut. Siapkan 300 gram sabun bubuk, lalu campur dengan 200 cc spiritus, dan 4-5 cc minyak kayu putih. Aduk-aduklah sampai merata, lalu beri air hangat secukupnya. Nah, gunakan air tersebut untuk mencuci atau menyikat pakainan wol Anda. Mudah, kan?

Tips membersihkan noda lem di pakaian

Barang-barang baru yang kita beli, misalnya pakaian atau sarung, biasanya ditempeli label produsennya. Ketika label itu dilepas, biasanya pula akan meninggalkan bekas lem di sarung atau pakaian tersebut.

Untuk membersihkan bekas lem tersebut, Anda bisa menggunakan cuka putih, lalu gosokkan pada sisa-sisa lem. Dengan cara mudah ini, sisa lem tidak ada lagi yang menempel.

Tips memutihkan kembali sepatu kain

Kebanyakan orang menyukai sepatu yang terbuat dari kain untuk tujuan berolahraga, khususnya lagi yang berwarna putih. Karena dipakai untuk berolahraga, maka sepatu kain yang putih itu pun jadi cepat kotor. Lama-lama, sepatu yang pada awalnya putih itu pun jadi kusam atau kekuning-kuningan.

Untuk mengatasi hal semacam itu, gunakan saja pasta gigi. Caranya mudah, gosokkan pasta gigi pada sepatu kain Anda, kemudian cucilah dengan air bersih seperti biasa. Dengan cara ini, sepatu kesayangan Anda akan kembali putih seperti semula.