Tips Pintar Menyimpan Cokelat

 Tips Pintar Menyimpan Cokelat

BIBLIOTIKA - Cokelat memiliki rasa lezat yang khas, dan disukai hampir semua orang, dari berbagai usia. Kalau Anda juga salah satu penyuka cokelat, dan suka menyimpan persediaan cokelat di rumah, berikut ini tip yang bisa Anda gunakan dalam penyimpanannya, agar cokelat kesayangan Anda selalu terjaga kualitasnya:

Cokelat sangat rentan terhadap kelembapan. Karenanya, simpanlah di tempat dengan kelembapan maksimal 70 persen.

Cokelat juga rentan terhadap cahaya atau udara. Apabila berhubungan dengan cahaya atau udara terlalu lama, rasa cokelat akan mengalami perubahan. Karena itu, simpanlah cokelat dalam kemasan yang tertutup rapat.

Selain cahaya dan udara, cokelat juga rentan dengan bau. Jadi, jangan menyimpan cokelat di dekat bahan makanan yang berbau tajam. Yang paling baik adalah menyimpan cokelat di dalam wadah tertutup yang bebas bau.

Temperatur ideal untuk menyimpan cokelat adalah antara 12 sampai 20 derajat Celcius. Dalam temperatur yang tinggi, cokelat akan mudah lumer dan warnanya akan menjadi buram. Sedang jika berada pada temperatur rendah, cokelat juga cenderung mengalami perubahan, dalam bentuk munculnya lapisan putih pada cokelat yang disebut sugarbloom. Perubahan temperatur juga tidak baik bagi cokelat.

Sebelum menghidangkan cokelat yang baru disimpan di dalam lemari pendingin, ada baiknya untuk meletakkannya beberapa saat di tempat yang hangat, sebelum membuka kemasannya.

Yang juga perlu diingat menyangkut penyimpanan cokelat adalah waktu penyimpanannya. Semakin pendek waktu penyimpanannya, semakin baik kualitasnya.