Tips Pintar Membeli dan Menyimpan Sayuran

 Tips Pintar Membeli dan Menyimpan Sayuran

BIBLIOTIKA - Selain memastikan sayuran yang kita beli bebas dari kandungan sisa racun hama pestisida, kita juga harus memastikan sayuran tersebut aman dikonsumsi. Kandungan vitamin di dalam sayuran sangat penting bagi kesehatan tubuh, karenanya jangan sampai salah memilih. Selain itu, agar sayuran yang kita beli tidak cepat layu, ada beberapa tip yang dapat digunakan, baik dalam memilihnya, maupun dalam cara penyimpanannya.

Dalam memilih sayuran, ada baiknya untuk memperhatikan saran berikut:
  1. Pilihlah sayuran yang warnanya masih cerah dan segar.
  2. Sayuran yang berjenis bunga harus terlihat cantik, dan teksturnya keras, atau tidak lembek.
  3. Hindari memilih sayuran yang sudah tampak keriput.
  4. Untuk sayuran yang berjenis umbi-umbian, pilihlah yang memiliki tekstur keras, dan mengandung banyak air.
  5. Untuk sayuran yang hanya digunakan bagian pucuk atau tunasnya, pilihlah yang memiliki warna cerah, segar, dan banyak mengandung air.

Berikut ini tips dalam menyimpan sayuran, agar tidak cepat layu:

Sebelum sayuran disimpan, bersihkanlah terlebih dulu, kemudian dibungkus dengan kertas, dan disimpan di dalam lemari es dengan suhu yang tidak terlalu dingin.

Jika tidak ada kulkas atau lemari es, sayuran bisa disimpan di dapur dan ditempatkan di tempat yang dingin serta redup.

Hindari menggunakan plastik untuk membungkus sayuran, karena bisa menjadikan sayuran layu dan kehilangan kandungan vitamin.

Untuk sayuran yang telah memiliki kemasan, keluarkanlah dari kemasannya, kemudian pindahkan ke tempat lain, lalu simpan di dalam kulkas.

Sayuran semacam kentang, bawang, dan labu, sebaiknya disimpan di tempat yang agak gelap dan sejuk, atau disimpan di tempat yang memiliki aliran udara.