Tips Pintar Memasak Kacang-kacangan

Tips Pintar Memasak Kacang-kacangan

BIBLIOTIKA - Anda suka memasak kacang hijau atau kacang-kacangan lain? Ada tip khusus dalam memasak kacang-kacangan, sehingga masakan Anda akan lebih empuk dan lebih enak. Berikut ini tip yang bisa Anda ingat.

Sebelum dimasak, rendamlah kacang di dalam air selama satu malam. Keesokan harinya, angkat dan cucilah hingga bersih. Setelah itu kacang siap dimasak.

Perendaman kacang dalam air dimaksudkan untuk menghilangkan kandungan gas dalam kacang-kacangan. Jika tidak dihilangkan, gas tersebut akan dapat menyebabkan sakit perut pada penyantapnya. Selain itu, rendaman pada air juga menjadikan kacang lebih empuk, cepat matang, dan gurih.


Tips memasak kacang agar cepat empuk

Kacang-kacangan biasa digunakan saat kita memasak sayur. Agar kacang-kacangan yang kita masak cepat empuk, ada beberapa tip yang bisa diperhatikan.

Ketika Anda memasak kacang-kacangan, jangan memberi garam ke dalam sayur tersebut, sebelum kacangnya empuk, karena garam akan membuat kacang semakin lama empuknya. Begitu pula kalau Anda memasak kol atau kubis.

Kemudian, kalau Anda memasak kacang polong, dan ingin cepat empuk, Anda bisa memberi sedikit gula pasir pada sayuran yang tengah direbus. Sedang untuk jenis kacang-kacangan lain, Anda bisa memberi sedikir margarin.


Tips agar jagung rebus lebih manis 

Kalau kita merebus jagung sendiri di rumah, kita pasti sering terpikir bahwa jagung rebus kita selalu tak semanis jagung rebus yang kita beli di luar. Bagaimana cara menjadikan jagung rebus kita bisa terasa manis? Silakan gunakan tip berikut.

Ketika Anda akan merebus jagung, siapkanlah satu liter air kelapa (Anda bisa membelinya di pasar atau pada penjual kelapa). Nah, gunakan air kelapa tersebut untuk merebus jagung Anda. Jika jagung yang akan direbus cukup banyak sehingga membutuhkan air yang juga banyak, campurkan saja air kelapa di atas bersama air biasa.

Dengan cara mudah di atas, jagung rebusan Anda pun jadi terasa lebih manis dibanding biasanya, serta berbau sedap.

Selain cara di atas, ada cara kedua yang dapat menjadikan jagung lebih manis, yaitu dengan cara mengukusnya—bukan direbus. Ketika mengukusnya, sisakan daun pembungkus jagung (jangan hilangkan semua daunnya), agar jagung lebih renyah dan lebih manis.

Untuk menghasilkan jagung rebus istimewa, Anda dapat mengolesi jagung kukus Anda yang masih panas dengan butter atau mentega, kemudian taburi dengan seledri cincang.