Tips Menghilangkan Bau Apak dan Kutu pada Beras

Tips Menghilangkan Bau Apak dan Kutu pada Beras

BIBLIOTIKA - Ketika beras disimpan dalam waktu lama, biasanya beras tersebut akan berbau apak, khususnya lagi jika tempat penyimpanannya sangat lembap. Akibatnya, ketika ditanak menjadi nasi, bau apaknya sering masih melekat, dan nasinya juga tidak seenak biasanya. Untuk mengatasinya, silakan gunakan tip berikut.

Siapkan beras yang akan ditanak, kemudian cucilah hingga bersih. Kemudian, pada waktu ditanak, masukkan dua lembar potongan daun pandan ke dalamnya.

Dengan cara yang mudah ini, nasi Anda tidak akan berbau apak, tapi beraroma sedap dan wangi, serta lebih enak.


Tips menghilangkan kutu beras (1)

Beras yang disimpan di suatu tempat, kadang-kadang dihinggapi kutu, meski telah ditutup rapat. Akibatnya, ketika ditanak untuk dijadikan nasi, kutu beras itu kadang-kadang juga ikut tertanak. Nah, kalau Anda kebetulan juga menghadapi masalah yang tampak ringan tapi sering kali menjengkelkan ini, gunakan saja daun jeruk nipis untuk mengatasinya.

Caranya mudah. Tinggal letakkan beberapa helai daun nipis di tempat penyimpanan beras Anda. Wangi daun jeruk nipis itu akan membuat kutu atau hama bubuk tak berani mendekati beras simpanan Anda.


Tips menghilangkan kutu beras (2)

Ketika beras dihinggapi kutu, biasanya kutu tersebut tidak hilang meski sudah dicuci. Nah, selain cara di atas, ada tip lain yang juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutu beras. Tip berikut ini ditujukan pada beras yang diserang kutu pada skala yang lebih “parah”.

Ambillah beras Anda, dan letakkan pada nampan atau sejenisnya (benda ceper yang cukup luas), lalu tutup dengan selembar kain putih. Setelah itu, jemurlah di bawah terik matahari selama 20 menit. Kemudian angkat kain penutup beras, maka kutu-kutu beras akan menempel pada kain tersebut.

Jika masih terlihat ada kutu berkeliaran pada beras, silakan ulangi cara di atas, sampai semua kutu lenyap. Setelah itu, beras Anda pun bersih dan terbebas dari kutu.