Tips Menghilangkan Bau Amis dari Penggorengan

Tips Menghilangkan Bau Amis dari Penggorengan

BIBLIOTIKA - Setelah digunakan memasak ikan, wajan penggorengan kita biasanya akan ditempeli bau amis. Kadang-kadang bau amis ini tidak juga hilang meski sudah dicuci berkali-kali. Jika Anda mengalami hal semacam itu, gunakan saja teh untuk mengatasinya.

Caranya, cuci wajan penggorengan Anda seperti biasa, lalu gunakan penggorengan itu untuk merebus ampas daun teh selama 20 menit. Nah, bau amis yang tadi mengganggu pun kini hilang.


Tips menghindarkan percikan minyak goreng 

Minyak yang digunakan untuk menggoreng tidak jarang memercik dan mengenai kulit, sehingga menimbulkan rasa panas. Biasanya, kita menutup wajan selama menggoreng dengan tujuan terhindar dari percikan minyak panas. Tetapi sesungguhnya ada cara yang lebih baik untuk mengatasi percikan minyak semacam itu.

Sebelum menggoreng, taburkanlah garam halus pada minyak di wajan. Dengan cara ini, minyak tidak akan memercik seperti biasa.

Selain itu, minyak untuk menggoreng sebaiknya tidak dijadikan satu dengan minyak untuk memasak sayur. Minyak untuk menggoreng juga sebaiknya disimpan di kaleng atau tempat yang tertutup rapat, sehingga minyak tidak kotor.

Selain tip di atas, Anda juga bisa menggunakan tip berikut untuk menghindarkan percikan minyak goreng.

Ketika Anda akan menggoreng daging ayam atau ikan, masukkanlah terlebih dulu dua atau tiga iris jahe ke dalam wajan penggorengan yang telah diisi minyak. Dengan cara ini, minyak tidak akan memercik, sekaligus akan memberikan aroma sedap untuk masakan Anda.


Tips mengatasi bau tajam cabai yang digoreng

Ketika menggoreng cabai, kita pasti akan mencium aroma tajam yang sangat menyengat, serta mengganggu penciuman. Bagi orang yang sensitif, bau tajam cabai yang sedang digoreng bisa menyebabkan batuk-batuk parah. Untuk mengatasi bau tajam tersebut, Anda bisa melakukan tip berikut.

Ambillah gula pasir sebanyak setengah sendok, lalu taburkan ke dalam minyak yang telah dipanaskan. Setelah itu baru masukkan cabai yang akan digoreng. Dengan cara ini, cabai yang Anda goreng tidak lagi mengeluarkan bau yang tajam menyengat.