Tips Menghemat Minyak Goreng

Tips Menghemat Minyak Goreng

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah tip pintar menggunakan dan menghemat pemakaian minyak goreng di dapur Anda.

Gunakan minyak goreng yang baru untuk menggoreng bawang, kerupuk, atau kacang. Setelah selesai menggoreng, saringlah minyak yang masih berwarna kuning itu, lalu masukkan ke dalam wadah yang bersih.

Sisa minyak di atas dapat digunakan kembali di hari yang sama, untuk menumis sayuran, bumbu masak, atau menggoreng tahu, tempe, dan gorengan lainnya. Seusai digunakan, saring lagi, dan masukkan ke wadah yang bersih.

Apabila masih ada daging ayam atau ikan yang akan digoreng saat itu juga, gunakan saja sisa minyak tadi untuk menggoreng. Kemudian, sisa minyak dari menggoreng ikan atau ayam biasanya akan berwarna kehitaman dan agak mengental. Sebaiknya minyak goreng ini dibuang dan tidak digunakan lagi.

Selain itu, minyak yang sudah digunakan untuk menggoreng donat atau jajan lain semacamnya akan wangi. Sebaiknya masukkan sisa minyak tersebut ke wadah bersih, dan gunakan untuk menggoreng pisang atau jajan-jajan manis lainnya.


Tips menjernihkan minyak bekas pakai

Minyak yang telah digunakan menggoreng beberapa kali biasanya tidak jernih atau tidak bersih lagi. Selain kurang baik untuk kesehatan, minyak semacam itu juga tidak bisa menghasilkan masakan/gorengan selezat ketika masakan digoreng pada waktu minyak masih bersih.

Yang menjadi masalah, kadang minyak bekas pakai yang sudah tidak jernih itu jumlahnya masih banyak, sehingga kita juga merasa sayang jika harus membuangnya. Bagaimana cara mengatasi masalah semacam ini? Coba ikuti tip berikut.

Masukkanlah minyak bekas pakai di atas pada sebuah wajan, kemudian masukkan arang sekam ke dalamnya. Takarannya, arang sekam sebanyak 1 persen dari jumlah minyak yang ada. Setelah itu, panaskan minyak pada suhu 80 derajat Celcius, selama 30 menit.

Nah, sekarang Anda bisa melihat, minyak yang pada mulanya berwarna pekat dan tidak jernih itu kini telah segar dan bersih kembali. Ketika digunakan untuk menggoreng, cita rasa masakan yang dihasilkannya pun akan nikmat kembali.