Tips Aman Bersepeda ke Tempat Kerja

Tips Aman Bersepeda ke Tempat Kerja

Bersepeda ke tempat kerja bisa jadi pilihan yang sehat, selain untuk tubuh kita, bersepeda juga baik untuk menjaga kesehatan lingkungan. Jika Anda tertarik untuk bersepeda ke tempat kerja, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips berikut ini.

Rencanakan rute yang akan Anda ambil

Mungkin ada perbedaan antara rute bersepeda dengan rute mengemudi biasa. Cek Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik saat bersepeda. Pastikan Anda mengenali dengan baik pengaturan waktu, jarak, medan dan kepadatan lalu lintas. Setelah menemukan rute yang tepat, coba rute Anda sebelum benar-benar mulai bersepeda ke tempat kerja. Sangat penting untuk menjauhi jalan utama atau jalan-jalan dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi. Selain itu, bersiaplah untuk menghadapi rintangan di jalan untuk memastikan Anda datang tepat waktu di kantor.

Pakailah sepatu dan kaus kaki yang nyaman dan tepat untuk bersepeda

Untuk pertimbangan kenyamanan dalam bersepeda, pastikan sepatu Anda cocok untuk bersepeda. Jangan menggunakan sandal. Jika Anda sudah memilih sepatu yang nyaman, pastikan tali sepatu Anda terikat dengan baik.

Pakai pakaian yang cocok untuk bersepeda

Pakaian juga tidak boleh diabaikan jika Anda ingin tetap aman dan nyaman. Hindari memakai pakaian yang terlalu longgar. Dan untuk keamanan kepala, kenakan helm Anda!

Usahakan terlihat dengan mudah!

Gunakan lampu depan jika Anda berencana bersepeda di malam hari. Pakaian yang mencolok atau mudah terlihat. Untuk menambah kewaspadaan pengguna jalan lain, ada baiknya Anda membunyikan bel sepeda Anda.

Bawa perlengkapan Anda

Disarankan untuk menggunakan tas punggung atau bawa rak dengan sistem klip atau tali yang kuat jika memerlukan membawa sesuatu. Selain itu, membawa pompa angin untuk perjalanan yang agak jauh sangat membantu untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ban Anda kempis.

Bersiaplah menghadapi cuaca buruk

Persiapan yang tidak kalah penting pada saat Anda berencana untuk bersepeda ke tempat kerja adalah persiapan untuk menghadapi cuaca buruk. Untuk menghindari cuaca ektrim seperti panas atau dingin, pakailah pakaian berlapis. Juga pertimbangkan untuk menggunakan rencana cadangan jika Anda terpaksa tidak dapat melanjutkan bersepeda pada saat cuaca buruk.

Bersihkan diri sesampainya di tempat kerja

Supaya Anda kembali segar setelah bersepeda, ganti pakaian, pakai deodorant, rapikan rambut dengan sisir, handuk dan hal lain yang perlu begitu Anda sampai di kantor. Untuk mengembalikan energi tubuh Anda, minum segelas air putih setiap 20 menit. Bawa botol air jika perlu. Setelah mulai untuk bekerja, minum segelas air. Jika Anda bersepeda lebih dari 30 menit, bawa makanan ringan berukuran kecil yang mengandung protein dan karbohidrat.

Ikuti aturan

Bersepedalah mengikuti arah yang sesuai lalu lintas, jangan melawan arus. Hindari bersepeda di belakang mobil atau di sisi yang tidak terlihat di belakang mobil. Kurangi kecepatan Anda pada saat mendekati perempatan sehingga Anda akan mudah dapat berhenti jika perlu. Beri tanda pada saat akan berbelok, gunakan penanda dengan tangan. Patuhi semua rambu-rambu lalu lintas.

Rencana B

Jangan lupa mempersiapkan rencana B jika sewaktu-waktu Anda tidak mungkin melanjutkan bersepeda karena alasan tertentu. Untuk itu, disarankan untuk mempelajari rute bis atau angkutan umum lain antara rumah dan kantor Anda. Atau Anda dapat menghubungi teman sekantor Anda untuk mendapatkan tumpangan.

Anda ingin mencari pekerjaan yang memungkinkan Anda bersepeda dari tempat tinggal Anda ke kantor? Mulai pencarian Anda dari sini! Neuvoo Indonesia