Tiga Tips Seputar Memasak Ikan

Tiga Tips Seputar Memasak Ikan

BIBLIOTIKA - Berikut ini tiga tips seputar memasak ikan, yang mungkin Anda perlukan, yaitu tips membersihkan kulit ikan, tips agar ikan selalu gurih dan segar, serta tips agar kaldu ikan tidak amis.


Tips mudah membersihkan kulit ikan

Ketika masih mentah dan akan diolah, kulit ikan terasa basah sekaligus licin. Akibatnya kita jadi sering kerepotan saat membersihkannya. Untuk mengatasi hal semacam itu, silakan gunakan tip berikut.

Siapkan beberapa daun bambu yang masih hijau secukupnya, lalu masukkan ikan bersama daun-daun bambu tersebut ke dalam sebuah wadah berisi air. Remas-remaslah ikan bersama daun bambu tersebut di dalam air, seperti kalau Anda mencuci beras. Setelah itu, bilaslah dengan air beberapa kali.

Nah, sekarang kulit ikan yang tadinya licin itu menjadi kesat dan tidak berlendir, serta bau anyirnya telah berkurang.

Catatan: Jika kesulitan mencari daun bambu, Anda bisa menggantinya dengan garam, dan cara melakukannya sama seperti di atas.


Tips agar ikan senantiasa gurih dan lembut

Apabila masakan ikan disimpan hingga tiga hari, misalnya, ikan tersebut biasanya tidak lembut dan gurih lagi ketika disantap. Karenaya, jika Anda menginginkan masakan ikan Anda senantiasa gurih dan lembut meski disimpan beberapa hari, Anda bisa melakukan tip berikut ini dalam proses memasaknya.

Setelah ikan dibersihkan, sediakan ½ sendok makan garam, ½ sendok makan asam tanpa biji, ½ sendok makan merica bubuk, ½ sendok makan kunyit bubuk, dan vetsin secukupnya. Semua bumbu tersebut dicampur menjadi satu, beri air kira-kira 75 cc, lalu remas-remas sampai rata.

Kemudian, masukkan ikan yang akan dimasak pada bumbu di atas, sambil diratakan pada badan ikannya. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu gorenglah dengan menggunakan sedikit minyak, dan dengan wajan yang tertutup.

Jika Anda ingin membakar ikan di atas arang atau kulit kelapa kering, gunakan api yang sedang saja (tidak terlalu besar). Nah, sekarang ikan masakan Anda akan tetap lembut dan gurih meski disimpan hingga tiga hari.


Tips agar kaldu ikan tidak amis

Kaldu ikan bisa dibuat dari tulang ikan. Karena berasal dari ikan, kaldu ikan pun biasanya beraroma atau berbau amis. Nah, agar tidak amis, sebaiknya gorenglah terlebih dulu tulang ikan, tetapi gunakan sedikit saja minyak agar sup tidak terlalu berminyak.

Begitu pula dengan kaldu udang. Agar tidak beraroma amis, gorenglah dulu kepala udang sampai berwarna merah, kemudian tambahkan air dan sayuran. Masaklah agak lama, supaya kuah kaldu benar-benar gurih. Selain itu, usahakan api yang digunakan harus kecil.