Panduan Pintar Membuat Ketupat

 Panduan Pintar Membuat Ketupat

BIBLIOTIKA - Pada waktu lebaran, banyak orang yang membuat ketupat, sebagai makanan khas lebaran, untuk dinikmati bersama opor ayam. Yang sering terjadi, ketupat yang dibikin sendiri itu cepat lembek, terkadang bahkan hanya setengah matang.

Nah, kalau Anda ingin sukses membuat ketupat yang dapat dinikmati tanpa keluhan di atas, Anda bisa ikuti tip berikut.

Pertama, bersihkan beras yang akan digunakan untuk membuat ketupat, kemudian masukkan beras yang telah bersih ke dalam wadah ketupat yang telah disiapkan. Isilah hingga 2/3 wadah ketupat.

Setelah itu, rebus dalam dandang berisi air mendidih selama empat jam. Air di dandang harus banyak, hingga ketupatnya terendam. Ketika ditaruh di dandang, ketupat sebaiknya diikat ke dandang, dengan posisi menggantung.

Apabila telah matang, ketupat langsung digantung dan diangin-anginkan, agar tambah keset dan tidak lembek. Begitu pula cara menyimpan ketupat, yakni disimpan dengan cara digantung. Dengan cara di atas, ketupat buatan Anda pun tidak akan lembek lagi.


Tips agar ketan tidak liat

Pada umumnya, ketan memiliki tekstur yang lebih keras dan liat dibanding beras, sehingga agak sukar dibuat tepung. Karenanya, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan tepung ketan, dan ingin lebih mudah dalam mengubah ketan menjadi tepung, silakan gunakan tip berikut.

Sebelum ketan ditumbuk, rendamlah dalam air selama satu malam. Keesokan harinya, airnya dibuang atau ditiriskan. Kemudian, pada waktu menumbuknya, percikkan air garam sedikit-sedikit sambil ketan terus ditumbuk. Dengan cara ini, ketan tidak akan terlalu liat lagi, dan akan lebih mudah ditepungkan.


Tips agar crepes lebih lembut

Ingin membuat crepes yang terasa lembut? Caranya sangat mudah. Anda tinggal mengganti air dalam resep dengan susu cair.

Susu cair membuat crepes yang dihasilkan menjadi lembut, lentur, sekaligus lebih lezat. Selain itu, jangan lupa untuk membubuhkan sedikit garam.