Mengenal Tumbuhan Mangifera

Mengenal Tumbuhan Mangifera

BIBLIOTIKA - Mangifera adalah salah satu marga pada suku mangga-manggaan atau Anacardiaceae. Anggotanya sekitar 35-40 jenis mangga-manggaan, yang menyebar di wilayah Asia tropis, terutama di wilayah biogeografi Malaysia. Satu jenisnya, Mangifera indica, telah ditanam di kebun-kebun produksi di berbagai wilayah tropis di dunia.

Jenis atau spesies mangifera di antaranya adalah Mangifera altissima, Mangifera applanata, Mangifera caesia, Mangifera camptosperma, Mangifera casturi, Mangifera decandra, Mangifera foetida, Mangifera gedebe, Mangifera griffithii, Mangifera indica, Mangifera kemanga, Mangifera laurina, Mangifera longipes, Mangifera macrocarpa, Mangifera mekongensis, Mangifera odorata, Mangifera pajang, Mangifera pentandra, Mangifera persiciformis, Mangifera quadrifida, Mangifera siamensis, Mangifera similis, Mangifera swintonioides, Mangifera sylvatica, Mangifera torquenda, dan Mangifera zeylanica.

Tumbuhan mangifera berbentuk pohon besar, dengan tinggi mencapai 20 meter atau lebih, dengan batang besar dan percabangan yang tinggi, membentuk tajuk yang rapat dan rindang. Jika kulit batangnya digores akan mengeluarkan getah yang mula-mula bening, kemudian kemerahan, dan menghitam dalam beberapa jam. Getah tersebut berbau terpentin dan tajam, dapat melukai kulit atau menimbulkan iritasi, terutama bagi orang yang sensitif.

Daun-daunnya tunggal, tersusun dalam spiral atau spiral rapat, bertangkai panjang, dan sering meningggalkan bekas yang jelas di ranting saat gugur.

Sebagian ahli menyatakan bahwa marga mangifera beranggotakan sekitar 35-40 spesies, namun ada pula yang memperkirakan anggotanya mencapai hampir 70 spesies. Kalimantan memiliki jumlah jenis terbanyak, sekitar 31 spesies, sehingga diperkirakan sebagai salah satu pusat keragaman jenis mangifera.

Jenis-jenis mangifera, di antaranya adalah;

Mangifera altissima Blanco, (Buchanania reticulata). Buahnya dimakan, baik muda maupun tua, segar atau pun diolah. Dipasarkan secara lokal di Filipina dan Indonesia timur (Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua) sampai ke Solomon.

Mangifera applanata Kostermans. Pohonnya tinggi sampai 40 meter, kayunya berkualitas cukup baik sebagai bahan bangunan, meski tidak begitu awet. Buahnya yang sangat masam digunakan sebagai campuran sambal.
   
Mangifera caesia Jack (M. verticillata). Buah yang matang berbau sangat harum, dimakan segar atau digunakan sebagai campuran minuman. Daging buahnya juga diawetkan untuk campuran sambal.
   
Mangifera campnospermoides Kostermans. Endemik di Kalimantan.
   
Mangifera casturi Kostermans; mangga kasturi. Endemik di Borneo. Buahnya kecil, sekitar 4,5 x 6 cm, hijau, merah jambu atau kehitaman, dan manis.
   
Mangifera cochinchinensis Pierre. Endemik di Thailand dan Indocina.
   
Mangifera foetida Loureiro (M. horsfieldii). Buahnya mengandung getah yang tajam dan gatal. Buah yang masih muda biasanya direndam di air garam sebelum digunakan untuk rujak, asinan, atau sambal. Baunya keras, harum, serupa terpentin.
   
Mangifera gedebe Miquel. Buahnya dimakan ketika muda. Buah yang masak terlalu sedikit dagingnya, keras, dan masam. Pohonnya biasanya tumbuh di tepi sungai, tepi danau, dan daerah berawa.