Mengenal Tumbuhan Kapulasan

Mengenal Tumbuhan Kapulasan

BIBLIOTIKA - Kapulasan (Nephelium ramboutan) adalah kerabat terdekat rambutan (N. lappaceum L.). Keduanya masuk dalam suku lerak-lerakan (Sapindaceae). Buah kapulasan, sebagai ciri khas jenis ini, sepintas mirip rambutan, namun rasanya masam dan salut bijinya tidak bisa lepas dengan baik dari buah.

Selain buahnya, pohon kapulasan juga menyerupai pohon rambutan, karena masih dalam satu marga. Tinggi pohon kapulasan umumnya lebih pendek dari pohon rambutan, meski mampu mencapai tinggi hingga 20 meter. Bentuk batang, dahan, percabangan, dan daun, hampir sama dengan rambutan, namun berukuran lebih kecil.

Buah kapulasan tebal, bulunya keras, tegak, pendek, dan tumpul. Kulit buahnya tebal, berwarna kuning sampai merah tua. Bentuk buah seperti rambutan, yaitu bundar telur, dan daging buahnya manis yang bercampur sedikit asam. Daging buah biasanya agak sulit lepas dari bijinya.

Kapulasan merupakan tumbuhan khas Kalimantan Tengah, yang kini tumbuh tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Sulawesi. Selain di Indonesia, pohon kapulasan juga dapat dijumpai di Malaysia, Thailand, dan Filipina. Habitat yang disukai tumbuhan ini adalah daerah subur dan cenderung lembap, pada daerah berketinggian antara 100-500 meter dpl.

Kapulasan dimanfaatkan buahnya untuk dimakan langsung. Selain buah, kayunya yang cukup keras sering dipakai untuk peralatan rumah tangga. Biji kapulasan mengandung minyak nabati lebih banyak daripada biji rambutan, karenanya dapat diproses untuk menghasilkan minyak yang dapat digunakan dalam proses pembuatan lilin dan sabun.