Mengenal Pomologi, Ilmu Tentang Buah-buahan

Mengenal Pomologi, Ilmu Tentang Buah

BIBLIOTIKA - Pomologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah. Dalam pomologi, yang disebut “buah” tidak sesederhana arti yang selama ini kita pahami.

Dalam pomologi, buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Umumnya, buah membungkus dan melindungi biji. Rupa dan bentuk biji yang beragam tidak terlepas dari kaitannya dengan fungsi utama buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan.

Dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan, buah memiliki pengertian lebih luas, dan biasanya disebut buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan juga dapat berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.

Buah sering kali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri, karena mengandung berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid.

Dalam pandangan botani, buah adalah sebagaimana tercantum pada paragraf pertama di atas. Pada banyak spesies tumbuhan, yang disebut buah mencakup bakal buah yang telah berkembang lanjut, beserta jaringan yang mengelilinginya. Bagi tumbuhan berbunga, buah adalah alat untuk menyebarluaskan biji-bijinya—adanya biji di dalam dapat mengindikasikan bahwa organ tersebut adalah buah, meski ada pula biji yang tidak berasal dari buah.

Dalam batasan tersebut, variasi buah bisa sangat besar, mencakup buah mangga, buah apel, buah tomat, cabai, dan lain-lain. Namun juga bulir (kariopsis) padi, “biji” (juga merupakan bulir) jagung, atau polong kacang tanah. Sementara, dengan batasan ini, buah jambu monyet atau buah nangka tidak termasuk sebagai buah sejati.

Arti hortikultura atau pangan

Buah dalam pengertian hortikultura atau pangan merupakan pengertian yang dipakai oleh masyarakat luas. Dalam pengertian ini, batasan buah menjadi longgar. Istilah “buah-buahan” dapat digunakan untuk pengertian tersebut. Buah-buahan adalah setiap bagian tumbuhan di permukaan tanah yang tumbuh membesar dan (biasanya) berdaging atau banyak mengandung air.

Dapat dijumpai, buah sejati (dalam pengertian botani) yang digolongkan sebagai sayur-sayuran, seperti buah tomat, buah cabai, polong kacang panjang, dan buah mentimun.

Namun, dapat dijumpai pula, buah tidak sejati (buah semu) yang digolongkan sebagai buah-buahan, seperti buah jambu monyet (yang sebetulnya merupakan pembesaran dasar bunga; buah yang sejati adalah bagian ujung yang berbentuk seperti monyet membungkuk), buah nangka (yakni pembesaran tongkol bunga; buah yang sejati adalah isi buah nangka yang berwarna putih, yang disebut beton, bergetah, sedangkan bagian “daging buah” yang dimakan orang adalah tenda bunga), atau buah nanas.