Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari (4)

 Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.


Tips menghilangkan bulu bambu

Bambu yang baru ditebang biasanya masih memiliki bulu. Buku-bulu ini sangat lembut, hingga kadang nyaris tak terlihat. Hanya saja, ketika bulu ini terkena kulit, kita akan merasa gatal-gatal.

Kalau suatu hari Anda tanpa sengaja bersentuhan dengan bambu yang masih baru, dan tangan Anda terkena bulu-bulunya, gosokkan saja tangan Anda pada rambut kepala. Bulu-bulu yang mengganggu itu pun akan segera hilang dari tangan Anda.

Lalu bagaimana kalau yang tersentuh bulu itu bagian kaki atau bagian tubuh lain yang sulit disentuhkan ke rambut kepala? Kalau begitu, gunakan sikat rambut yang halus (misalnya sikat semir sepatu). Caranya, gosokkan sikat itu dalam satu arah gosokan (tidak menggosok bolak-balik) pada bagian tubuh yang terkena bulu bambu. Dengan cara ini, gatal-gatal akibat bulu bambu segera hilang.


Tips mudah menghilangkan getah nangka 

Ketika memasak gudeg atau gulai nangka, kita pun harus berurusan dengan buah nangka, entah mengupasnya, atau mengiris-irisnya. Karenanya, getah nangka yang lengket itu pun kemudian menempel di tangan dan sulit dihilangkan.

Untuk mengatasi getah nangka di tangan, Anda bisa menggunakan tip berikut.

Olesi tangan Anda, atau bagian lain yang kotor terkena getah nangka, dengan minyak tanah. Gosok-gosoklah sampai getah hilang dari tangan Anda, setelah itu cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Selain cara di atas, ada tip mudah lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan getah nangka di tangan. Yakni dengan memanfaatkan talk.

Caranya mudah. Taburkan saja talk ke dua belahan tangan Anda yang terkena getah nangka, kemudian gosok-gosokkan kedua belahan tangan tersebut. Tidak lama, getah nangka yang tadinya menempel di tangan Anda pun kini telah mengelupas dan menggumpal bersama bubuk talk, dan tangan Anda licin kembali.


Tips mencegah mabuk perjalanan 

Mabuk perjalanan biasanya dipengaruhi angin, selain juga kondisi kesehatan. Meski sebagian orang biasanya “tenang-tenang saja” selama perjalanan, namun ada sebagian lagi yang selalu mengalami mabuk setiap kali mengadakan perjalanan, tak peduli di darat, laut, ataupun udara.

Ada tips yang mudah sekaligus enak untuk mengatasi mabuk perjalanan, yakni dengan menggunakan sari apel. Jika Anda terarik, berikut ini resepnya.

Kupaslah apel, parut, lalu saring dan buang ampasnya. Nah, minumlah air perasan apel tersebut sebelum melakukan perjalanan. Dengan cara mudah ini, Anda akan terbebas dari mabuk selama dalam perjalanan.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda juga membawa minuman air apel sebagai bekal perjalanan.

Selain menggunakan sari apel, Anda juga bisa menggunakan air jeruk nipis untuk tujuan menghindari mabuk perjalanan.

Caranya, peraslah satu buah jeruk nipis, lalu campurkan air perasannya dengan setengah gelas air hangat, dengan ditambah gula pasir secukupnya. Minumlah air tersebut sebelum Anda melakukan perjalanan. Anda pun tidak akan mabuk lagi.


Tips menjaga kesehatan ayam peliharaan

Apakah Anda memelihara ayam di rumah? Di musim penghujan, biasanya banyak ayam yang mati karena terserang penyakit. Nah, untuk meningkatkan daya tahan ayam-ayam perliharaan Anda, sehingga tidak mudah terserang penyakit, ada tip yang sangat mudah sekaligus praktis.

Caranya, ketika Anda menyiapkan makanan sehari-hari untuk ayam-ayam Anda, sisipkan lada tumbuk atau bubuk merica ke dalamnya. Takarannya adalah 1 sendok teh bubuk merica dicampur 3-4 kilogram makanan ayam. Dengan cara ini, ayam-ayam Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.


Tips membesarkan telur ayam kampung 

Kebanyakan telur ayam kampung berukuran kecil—lebih kecil dibandingkan telur ayam ras. Nah, kalau Anda memiliki peliharaan ayam kampung dan ingin telurnya sebesar telur ayam ras, Anda dapat gunakan tips berikut.

Pada waktu Anda memberikan dedak (makanan ayam) pada ayam-ayam peliharaan Anda, campurkan ikan teri yang telah ditumbuk halus ke dalamnya, kemudian beri sedikit air. Jika ayam-ayam Anda rutin mengkonsumsi resep ini, telur-telur mereka pun akan lebih besar dibanding ukuran telur ayam kampung biasanya.