Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari (3)

  Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.


Tips agar air akuarium awet jernih

Keluarga Anda memelihara ikan di akuarium? Bagi pecinta ikan hias, memelihara ikan di akuarium adalah kesenangan sekaligus hiburan yang mengasyikkan. Hanya saja, yang merepotkan adalah saat harus menguras dan mengganti air dalam akuarium ketika airnya sudah tidak jernih lagi. Repotnya lagi kalau air akuarium tersebut cepat kotor, sehingga aktivitas menguras akuarium jadi lebih sering.

Kalau Anda tidak ingin repot karena sering-sering menguras air akuarium, gunakan saja arang kayu (arang yang biasa dipakai untuk membakar sate atau untuk menyetrika).

Caranya, ketika Anda menguras air untuk membersihkan akuarium, masukkan satu atau dua genggam arang kayu ke dalamnya bersama air yang baru. Dengan cara ini, air dalam akuarium Anda pun akan selalu bersih dan awet jernihnya, sehingga Anda tidak akan sering repot mengganti airnya.


Tips merekatkan kembali guci pecah

Guci biasa dijadikan hiasan rumah, karena benda ini terkesan memancarkan aura yang klasik dan eksotik. Hanya saja, guci termasuk barang hiasan yang mahal, khususnya lagi guci-guci kuno. Karenanya, ketika guci hiasan pecah karena jatuh tersenggol atau karena hal lain, pemiliknya bisa kalang kabut.

Untuk mengatasi guci pecah, Anda bisa merekatkannya kembali dengan mengunakan putih telur. Caranya, bersihkan bagian-bagian yang akan direkatkan. Oleskan putih telur pada permukaan yang akan direkatkan, kemudian tempelkan bagian-bagian guci yang pecah tersebut. Dengan cara ini, guci kesayangan Anda akan utuh lagi. Tingkat kemulusannya akan tergantung pada ketelatenan Anda dalam merekatkannya kembali.


Tips membersihkan kuas atau sikat

Kuas yang telah digunakan untuk mengecat biasanya akan ditempeli bekas cat yang sulit dihilangkan, khususnya jika tidak langsung dicuci. Begitu pula sikat yang digunakan untuk keperluan tertentu juga kadang menghadirkan masalah yang sama. Selama ini, banyak orang yang menggunakan minyak tanah atau bensin untuk mengatasi masalah semacam itu, meski kadang hasilnya kurang memuaskan.

Nah, ada cara yang lebih baik untuk mengatasi masalah di atas, yakni dengan menggunakan spiritus atau alkohol. Caranya sama dengan penggunaan bensin atau minyak tanah, yaitu dengan merendam kuas atau sikat yang kotor tersebut ke dalam spiritus atau alkohol. Hasilnya dijamin akan lebih memuaskan.


Tips membuka tutup botol macet

Botol yang bagian tutupnya berulir kadang-kadang seret atau bahkan macet saat akan dibuka, sehingga tutupnya tidak bergerak sama sekali saat kita memutar untuk membukanya. Hal ini biasanya terjadi karena botol tersebut lama tidak dibuka, atau karena hal lain.

Kalau Anda kebetulan mengalami hal semacam ini, sebaiknya jangan paksa tutup botol itu membuka, karena bisa-bisa botol Anda pecah. Untuk mengatasinya, celupkan saja kepala botol tersebut ke dalam air hangat selama beberapa saat. Dengan cara ini, tutup botol yang macet akan segera bisa dibuka dengan mudah.


Tips menyuburkan tanaman bumbu

Ibu-ibu rumahtangga kadang suka menanam tanaman bumbu, semacam bawang merah, seledri, atau kucai, di dalam pot. Nah, untuk menyuburkan tanaman-tanaman bumbu itu agar senantiasa tumbuh subur, manfaatkan saja air bekas cucian daging atau ikan.

Kalau sewaktu-waktu Anda mencuci ikan atau daging, air bekas cuciannya jangan dibuang. Tapi manfaatkan saja untuk menyiram tanaman bumbu Anda. Dengan cara ini, tanaman bumbu Anda akan tumbuh lebih subur.

Baca lanjutannya: Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari (4)