Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari (2)

Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.


Tips membersihkan sisir rambut

Sisir rambut merupakan alat yang setiap hari digunakan, setidaknya setiap habis mandi. Karena sering digunakan, selain juga karena terpapar debu sehari-hari, maka lama-lama sisir yang bersih pun kemudian menjadi kotor. Susahnya, kotoran yang melekat pada sisir biasanya sulit dibersihkan.

Untuk membersihkannya dengan cara mudah, Anda bisa menggunakan tip berikut.

Rendamlah sisir yang kotor di dalam air hangat yang telah dicampur soda kue secukupnya. Tunggu beberapa saat, lalu angkat dan bersihkan dengan air bersih. Kotoran-kotoran yang melekat pada sisir pun rontok dengan sendirinya.


Tips membersihkan noda pada telepon

Pesawat telepon rumah rentan menjadi kotor dan kusam, karena seringnya disentuh dan digenggam. Semakin sering aktivitas bertelepon, semakin sering pula pesawat telepon terkena noda keringat sehingga memudahkan debu-debu menempel. Ketika pesawat telepon terkena noda, kita pun jadi risih untuk menyentuhnya. Nah, untuk membersihkannya kembali dengan mudah, Anda bisa menggunakan minyak kayu putih.

Pertama, bersihkan dulu pesawat telepon Anda dengan menggunakan lap kering, kemudian gosoklah bagian noda secara perlahan dengan minyak kayu putih. Karena minyak kayu putih tidak lengket dan mudah kering, Anda tidak perlu membilasnya dengan air. Cukup dilap saja dengan kain yang kering dan bersih. Nah, pesawat telepon Anda pun sekarang bebas noda.


Tips membersihkan selang air

Jika lama tidak dipakai, selang air biasanya akan digulung dan disimpan di gudang atau dalam dus. Biasanya pula, bagian dalam selang tersebut akan berlumut dan sulit dibersihkan. Akibatnya, ketika digunakan, air kadang tidak bisa mengalir lancar.

Untuk mengatasi masalah semacam ini, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Ambillah batu bata, kemudian tumbuklah hingga menjadi batu-batu kecil. Setelah itu, masukkan ke dalam selang, dan sambungkan selang dengan kran air. Air akan mengalir ke dalam selang, dan batu-batu kecil akan terdorong keluar dengan membawa serta lumut atau kotoran lain dalam selang.

Jika dalam selang Anda masih terlihat kotor, ulangi lagi langkah di atas sampai selang benar-benar bersih.


Tips mengawetkan kualitas foto

Hampir semua orang suka mengabadikan kenangan-kenangannya dalam foto—dari acara wisuda, liburan, sampai ulang tahun dan pesta perkawinan. Foto-foto itu biasanya disimpan di album foto, atau di frame (bingkai). Yang menjadi masalah, tidak jarang foto-foto itu kemudian memudar seiring berlalunya waktu. Foto yang pada awalnya sangat jernih dan bagus kemudian berubah menguning, bahkan kadang sampai rusak.

Untuk mengatasi hal ini, gunakan tips berikut.

Sebelum Anda memasukkan foto ke dalam bingkai atau album foto, siapkan putih telur ayam kampung dalam sebuah mangkuk (hanya putih telur, tanpa kuning telurnya). Setelah itu, olesilah foto-foto Anda dengan putih telur tersebut. Lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat yang sejuk. Setelah kering, silakan masukkan foto ke dalam album atau bingkai, dan Anda bisa melihat kualitas foto-foto kesayangan Anda senantiasa terjaga.


Tips menghilangkan karat di setrika

Jika setrika listrik Anda telah tua dan agak kesat karena berkarat, tidak perlu langsung diganti. Ada cara yang mudah untuk membuang dan menghilangkan karat itu tanpa harus melukai permukaan setrika. Jika tertarik, berikut tip yang bisa Anda ikuti.

Pertama, hangatkan setrika, dengan cara menghubungkannya ke listrik. Setelah agak hangat, putus sambungan listriknya, dan olesi permukaan setrika yang berkarat itu dengan jeruk lemon secara merata. Setelah itu, selagi permukaan setrika masih basah oleh air lemon, taburi dengan garam halus, juga secara merata, sampai ke bagian sisi paling luar.

Kemudian jemurlah setrika itu di bawah panas matahari selama beberapa jam. Setelah itu lap permukaan setrika dengan menggunakan kain yang halus, dan usahakan mengelapnya dengan tekanan yang sama. Nah, sekarang setrika Anda pun telah terbebas dari karat yang mengganggu.

Jika Anda ingin lebih praktis dan lebih mudah untuk menghilangkan karat di setrika, Anda bisa membeli larutan hydrocloric di apotik terdekat, kemudian lap setrika yang kotor dan berkarat dengan cairan tersebut. Hasilnya sama.

Baca lanjutannya: Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari (3)