Kota-kota dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

Kota-kota dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

BIBLIOTIKA - Di masa kini, kota-kota yang paling berkembang adalah kota-kota yang mengandalkan teknologi terbaru, mengedepankan kecanggihan teknologi, serta menciptakan peluang bagi penduduknya untuk membuat sesuatu yang baru. Kota-kota semacam itu biasanya disebut sebagai kota yang canggih dan mutakhir.

Untuk menilai suatu kota masuk kategori modern, ada beberapa indikator yang dapat digunakan, di antaranya adalah investasi teknologi, indeks inovasi, peringkat smart city, jumlah perusahaan rintisan atau stratup, temuan teknologi yang dipatenkan, kebijakan inovasi, populasi modern, sampai perkembangan industri. Mengacu pada indikator tersebut, berikut ini adalah kota-kota yang dianggap memiliki teknologi tercanggih di dunia.

Taipei, Taiwan

Taipei menjadi kota dengan teknologi canggih, karena desain industri yang dimilikinya. Selama bertahun-tahun, kota ini membuat inovasi perangkat keras (hardware) dalam jumlah sangat banyak. Perusahaan-perusahaan komputer raksasa, seperti Asus, Gigabyte, serta Acer, juga bermarkas di Kota Taipei. Selain itu, berdasarkan survei, Taipei memiliki skor yang tinggi dalam jumlah investasi untuk teknologi.

Boston, Amerika Serikat

Di Boston, terdapat sejumlah institusi pendidikan yang dianggap fokus terhadap teknologi, seperti Harvard University, Northeastern University, Tufts University, hingga Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kebanyakan institusi itu juga bergerak di bidang bioteknologi dan robotik.

Selain memiliki sejumlah institusi pendidikan dalam bidang teknologi, Boston juga memiliki banyak investor yang berani berinvestasi dalam bidang teknologi, misalnya Atlas Ventures, Battery Ventures, Matrix Venture Partners, dan Bessemer Venture Partners, yang menyediakan banyak dana untuk inovasi dan startup.

Bahkan, sejumlah perusahaan terkemuka, seperti Facebook dan Amazon, juga memiliki kantor riset dan pengembangan di Boston untuk meningkatkan teknologi yang digunakan.

Los Angeles, Amerika Serikat

Sejak tahun 2014, Los Angeles disebut memiliki sektor pekerjaan yang lebih modern dan canggih, jika dibandingkan kota-kota lain di Amerika Serikat. Kota ini memang terkenal dengan industri perfilman, yang memang banyak menggunakan teknologi high-tech, namun industri di Los Angeles tidak sebatas film.

Ada beberapa hal penting yang menjadikan Los Angeles menjadi kota dengan teknologi termaju dan modern, di antaranya adalah jumlah startup di bidang teknologi yang sangat banyak. Selain itu, nilai investasi yang digelontorkan di kota itu juga tergolong besar, yang menjadi alasan penentu kenapa teknologi berkembang pesat di sana.

Seoul, Korea Selatan

Seoul adalah kota paling populer di Korea Selatan, sekaligus dianggap sebagai kota masa depan, karena sangat canggih dan modern. Inovasi di sana bahkan langsung diterapkan dalam rancang bangun infrastruktur kota. Bahkan sistem transportasi yang dimiliki Seoul dianggap jauh lebih canggih dibanding kereta bawah tanah milik New York.

Seoul juga memiliki banyak teknologi yang sudah dipatenkan, dan kota itu terbukti telah mengembangkan teknologi dalam berbagai bidang. Salah satu yang sangat terkenal adalah teknologi LTE, yang kini digunakan pada smartphone dan perangkat canggih lainnya.

New York, Amerika Serikat

Ada sekitar 7.000 perusahaan teknologi yang bermarkas di New York, dan ada sekitar 100.000 pekerjaan berbasis teknologi yang tersedia di New York. Dengan hal itu saja, kita pun seperti melihat bahwa New York adalah kota dengan teknologi kelas berat. Tidak hanya pada infrastruktur kotanya, namun juga pada tingkat kemajuan penduduknya.

Kenyataannya, New York memang telah menerapkan teknologi smart city yang sangat maju, salah satu yang paling populer adalah layanan WiFi gratis yang dapat diakses di seluruh wilayah kota.

London, Inggris

Yang paling menarik dari London saat ini adalah sistem transportasi umum mereka yang sangat canggih, yang disebut Crossrail Project. Hingga tahun 2018, diperkirakan akan ada 10 jalur kereta baru untuk sistem transportasi tersebut, yang akan menghubungkan sekitar 30 stasiun yang sudah ada dengan terowongan baru. Proyek transportasi yang menghabiskan biaya 20 miliar dollar itu merupakan konstruksi termahal yang pernah ada di Eropa.

Selain dalam layanan transportasi umum, London juga memiliki jumlah startup dan programmer yang lebih banyak dibandingkan kota-kota lainnya. London bahkan diperkirakan memiliki lowongan pekerjaan di bidang IT lebih banyak dibandingkan California. Dalam beberapa dekade mendatang, London diperkirakan menyediakan lowongan pekerjaan di bidang teknologi informasi hingga mencapai 11.000 posisi.

San Francisco, Amerika Serikat

San Francisco terletak di California, Amerika Serikat, dan kota itu memiliki tempat yang sangat terkenal bernama Silicon Valley. Silicon Valley merupakan kiblat sekaligus kampung halaman perusahaan-perusahaan teknologi paling ternama di dunia. Banyak perusahaan startup bidang teknologi yang lahir dan berkembang di Silicon Valley.

Investasi untuk teknologi di San Francisco bernilai sangat besar. Selain itu, Silicon Valley memiliki jumlah desainer teknologi dan programmer yang sangat banyak, sehingga kota ini dinobatkan sebagai kota dengan teknologi tertinggi dibandingkan kota-kota lain di dunia.