Apakah Jeruk Bali Berasal dari Bali?

 Apakah Jeruk Bali Berasal dari Bali?

BIBLIOTIKA - Jeruk bali (Citrus grandis, C. Maxima) adalah salah satu jenis jeruk yang sangat terkenal, karena memiliki ukuran lebih besar dibanding umumnya jeruk lain. Jika jeruk lain rata-rata berukuran sekepalan tangan, jeruk bali bisa mencapai ukuran dua atau tiga kali lipat dari itu. Selain ukuran buah yang besar, jeruk bali juga memiliki kulit yang tebal. Kulit yang tebal dan besar itu pun sering dimanfaatkan sebagai sarana kreativitas, semisal dibuat mobil-mobilan, atau miniatur kapal layar.

Yang unik, meski dinamai jeruk bali, namun buah ini sebenarnya tidak memiliki kaitan apa pun dengan pulau Bali.

Tidak pernah jelas asal usul penamaan jeruk ini, juga tidak jelas kenapa diberi nama jeruk bali. Fakta yang jelas bahkan menunjukkan sebaliknya, bahwa jeruk ini tidak memiliki kaitan dengan pulau atau provinsi Bali, karena pengembangbiakannya justru ada dipulau Jawa. Karena kenyataan itu pula, Departemen Pertanian Indonesia menyarankan agar buah ini disebut pomelo atau buah pomelo. Nama pomelo berasal dari istilah Inggris yang digunakan untuk menyebut buah tersebut.

Jeruk bali atau pomelo termasuk jenis jeruk yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering, dan relatif lebih tahan penyakit atau hama. Beberapa kultivar jeruk bali unggulan di Indonesia adalah nambangan, srinyonya, magetan (ketiganya ditanam di sentra produksi jeruk bali di daerah Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun), dan madu/bageng (ditanam di daerah Bageng, Kabupaten Pati). Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan biji atau dengan pencangkokan.

Jeruk bali, sebagaimana jeruk lain, memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan, khususnya meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dalam 100 gram jeruk bali terdapat 350 mikrogram vitamin C. Selain vitamin C, jeruk bali juga mengandung senyawa pektin sebagaimana yang terdapat pada jeruk lain. Pektin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kemudian, jeruk bali juga memiliki kandungan bioflavanoid, likopen, vitamin A, B, B1, dan B2, serta asam folat. Semua vitamin dan mineral itu memiliki kemampuan dalam membersihkan darah, sehingga kesehatan tubuh lebih terjaga. Khusus untuk asam folat, nutrisi itu sangat dibutuhkan untuk ibu hamil, karena ikut mendukung pertumbuhan dan pekembangan janin dalam kandungan.