Aneka Manfaat Delima Putih untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Delima Putih untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Ada beberapa jenis delima, yaitu delima merah, delima putih, dan delima ungu. Dari jenis-jenis tersebut, yang paling populer dan yang paling banyak dikonsumsi adalah delima merah dan delima putih. Selain dikonsumsi, dua jenis delima itu juga paling banyak digunakan sebagai bahan obat herbal. Jika di bab sebelumnya kita telah membahas delima merah, bab ini akan membahas delima putih.

Delima putih (Punica granatum) adalah tanaman yang multi-manfaat, sebagaimana delima merah, karena semua bagiannya dapat memberi manfaat. Selain buahnya yang memiliki kandungan nutrisi dan dapat dinikmati sebagai buah segar, kulit buah delima hingga daun dan akarnya memiliki manfaat masing-masing.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram buah delima putih:
  1. Energi: 346 kJ (83 kkal)
  2. Protein: 1,7 g
  3. Serat: 4,0 g
  4. Karbohidrat: 18,7 g
  5. Gula: 13,7 g
  6. Riboflavin (Vitamin B2): 0,05 mg 
  7. Lemak: 1,2 g
  8. Kalium: 236 mg 
  9. Thiamin (Vitamin B1): 0,07 mg 
  10. Niacin (Vitamin B3): 0,29 mg 
  11. Asam pantotenat (Vitamin B5): 0,38 mg 
  12. Vitamin B6: 0,08 mg 
  13. Folat (Vitamin B9): 38 mg 
  14. Vitamin C: 10 mg 
  15. Kalsium: 10 mg 
  16. Zat besi : 0,30 mg 
  17. Fosfor: 36 mg 
  18. Magnesium: 12 mg 
  19. Seng: 0,35 mg 

Dengan begitu banyak nutrisi yang dikandungnya, delima putih pun memiliki khasiat dalam menunjang kesehatan. Berikut ini uraian mengenai manfaat buah delima putih.

Mengatasi cacingan

Kandungan punisin dan tanin dalam buah delima putih dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam mengatasi masalah cacingan. Selain dapat mengatasi masalah cacingan dan bakteri, kandungan dalam delima putih tersebut juga dapat mengatasi masalah perut lain.

Mencegah kanker payudara

Kandungan polifenol dalam buah delima putih dapat membantu menghambat sintesis estrogen, yang menjadikannya berguna dalam menghambat atau mencegah penyebaran sel-sel kanker payudara.

Menurunkan kadar kolesterol

Antioksidan dalam buah delima putih memiliki fungsi dalam menurunkan LDL atau kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Menangkal radikal bebas

Kemampuan menangkal radikal bebas yang dimiliki buah delima putih juga dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya. Radikal bebas berpotensi merusak sel-sel tubuh kita. Mengonsumsi buah delima putih dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Aman untuk diabetes

Penderita diabetes dapat mengonsumsi delima putih, selama dikonsumsi dalam batas wajar, karena buah ini hanya mengandung gula alami.

Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium dalam buah delima putih membantu mencegah osteoporosis atau keropos yang terjadi pada tulang. Selain itu, kalsium juga membantu menjadikan tulang lebih sehat dan kuat.

Melancarkan pencernaan

Kemampuan ini dimungkinkan karena adanya kandungan serat dalam buah delima putih. Serat memiliki fungsi yang bagus dalam hal melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi jus delima putih secara teratur juga dapat mengatasi masalah seperti sulit buang air besar, mual, serta diare.

Menjaga kesehatan tubuh

Buah delima putih memiliki kandungan vitamin C. Ditambah berbagai nutrisi dan zat penting lain, buah ini pun dapat membantu menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

Mendukung diet

Anda yang sedang menjalani program diet tidak perlu khawatir jika ingin menikmati delima putih, karena buah ini hanya memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga tidak akan mengganggu diet Anda.

Selain itu, mengonsumsi jus delima putih dapat mendukung diet Anda, karena delima putih dapat membantu Anda menahan lapar hingga lama, serta melancarkan proses buang air besar.

Mengatasi diare

Untuk mengatasi diare, siapkan 2 buah delima putih, lalu potong kecil-kecil, dan jemur hingga kering. Setelah kering, tumbuk hingga halus, serta seduh dengan air panas. Untuk pemakaiannya, ambillah 1 sendok makan, lalu seduh dengan air panas, dan minum setelah dingin, 2 kali sehari.

Mengatasi keputihan

Masalah keputihan yang kadang diidap sebagian wanita dapat diatasi dengan delima putih, karena buah ini memiliki efek antibakteri dan antifungi yang dapat menghambat aktivitas jamur Candida albicans, penyebab keputihan pada wanita.

Mencegah kanker

Penelitian yang dilakukan Ephraim P. Lansky dan Robert A. Newman dari University of Texas menemukan bahwa mengonsumsi jus delima putih dapat mencegah kanker, termasuk mengatasi penyebaran sel-selnya dalam tubuh. Hal tersebut berkaitan dengan kegunaan delima putih sebagai antiinflamasi.