Aneka Manfaat Buah Gojiberi untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Gojiberi untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Gojiberi (gojiberry) adalah buah terkenal sekaligus berkhasiat yang berasal dari Cina. Dalam bahasa Inggris, buah ini disebut wolfberry. Sementara bahasa Latin menyebutnya Lycium barbarum. Gojiberi termasuk buah super, karena memiliki aneka manfaat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Pada 1988, misalnya, Instansi Riset Gizi dari Beijing melakukan analisis komposisi gizi buah gojiberi kering, untuk mengetahui nutrisi dan manfaat apa saja yang dikandung buah tersebut. Hasilnya, gojiberi diketahui memiliki kandungan vitamin B1 serta B6, vitamin E, protein, asam amino, mineral (termasuk seng, besi, tembaga, kalsium, selenium, fosfor, serta germanium), betakaroten, vitamin C, asam lemak esensial, serta karoten.

Yang agak mengejutkan, kandungan betakaroten dalam gojiberi lebih banyak dibandingkan wortel. Sementara kandungan vitamin C dalam gojiberi lebih banyak 500 kali dibandingkan jeruk yang selama ini terkenal sebagai sumber vitamin C. Berdasarkan kenyataan itu, tidak mengherankan kalau gojiberi disebut buah super yang memiliki aneka manfaat, yang di antaranya berikut ini.

Menjaga kesehatan organ hati

Hal penting yang terkait dengan kesehatan organ hati dalam tubuh kita adalah keberadaan glutathione. Glutathione yang terdapat dalam organ hati memiliki peran penting dalam hal membuang racun atau toksin radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Dalam hal ini, buah gojiberi memiliki kemampuan dalam menguatkan glutathione, sehingga dapat lebih baik dan lebih efektif dalam bekerja. Hasil akhirnya, tentu saja, menjadikan kesehatan hati lebih terjaga.

Meningkatkan daya penglihatan

Buah gojiberi memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, dua zat utama yang menunjang daya penglihatan kita. Lewat kombinasi mineral serta karotenoid, buah gojiberi membantu memberi perlindungan yang signifikan pada kemampuan penglihatan yang disebabkan bertambahnya usia.

Mengatasi masalah diabetes

Penelitian menemukan bahwa buah gojiberi memiliki kandungan komponen bioaktif yang dapat membantu menurunkan kandungan gula dalam darah, sehingga dapat menurunkan kemungkinan komplikasi yang disebabkan oleh masalah diabetes.

Mengatasi demam dan sariawan

Buah gojiberi memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, dan hal itu dapat membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup. Salah satu khasiat penting vitamin C adalah mengatasi masalah panas tubuh atau demam, serta sariawan.

Baik untuk penderita kolestrol

Buah gojiberi memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang sama baik dengan asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-6 dalam gojiberi membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sekaligus menurunkan kadar kolesterol buruk.

Sumber vitamin E

Umumnya, vitamin E terdapat dalam kacang-kacangan serta minyak esensial. Namun, Anda juga bisa mendapatkan vitamin E melalui buah gojiberi, karena buah ini juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi.

Sumber mineral

Di antara umumnya buah lain, buah gojiberi memiliki kandungan sebagian mineral yang tergolong langka, semisal seng dan selenium. Selenium tidak bisa ditemukan di sembarang makanan, karena merupakan mineral yang sangat langka.

Menurunkan risiko penyakit liver

Betaine adalah salah satu senyawa yang terdapat dalam buah gojiberi, yang digunakan liver untuk menghasilkan zat kolin, yang ditujukan untuk melakukan detoksifikasi pada hati. Selain itu, zat betaine juga membantu melindungi DNA, meningkatkan memori, meningkatkan perkembangan otot, serta menurunkan risiko penyakit liver.

Mengatasi penuaan dini

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah gojiberi sangat efektif dalam membantu tubuh menjauh dari penuaan dini, karena vitamin A mengandung zat retinoid yang sudah terbukti efektif dalam mengatasi penuaan dini. Selain itu, menggunakan buah gojiberi sebagai bahan pembuatan masker dapat menjaga kekencangan kulit wajah, sehingga jauh dari keriput.

Mengatasi masalah jamur

Jamur adalah salah satu masalah yang kadang menyerang kulit tubuh. Hal itu bisa diatasi dengan buah gojiberi, karena buah ini mengandung solavetivone, yaitu senyawa antijamur serta zat antibakteri yang sangat kuat dalam mengatasi aneka masalah kulit seperti jamur dan bakteri.