4 Tips Pintar Seputar Perawatan Taman

4 Tips Pintar Seputar Perawatan Taman

BIBLIOTIKA - Punya taman di rumah? Berikut ini empat tips yang bisa digunakan untuk merawat taman Anda, meliputi tips melenyapkan rumput liar, tips melenyapkan alang-alang, tips agar tanaman hias bebas ulat, dan tips agar tanaman anggrek cepat berbunga.


Tips melenyapkan rumput

Sepertinya, rumput tumbuh di mana pun ia dapat tumbuh. Selain itu, rumput juga dapat tumbuh tanpa ditanam atau dirawat. Akibatnya, kemunculannya sering membuat jengkel, khususnya kalau rumput itu tergolong subur. Bulan ini sudah dicabut, dipangkas, dan dibersihkan, bulan depan sudah muncul dan tumbuh lagi.

Kalau Anda kebetulan juga dibuat jengkel dengan rumput yang terus tumbuh di halaman rumah Anda, gunakan saja tip berikut.

Setelah Anda memangkas atau mencabuti rumput di halaman, siramkan larutan garam dapur (air yang dicampur dengan garam dapur) ke bagian-bagian yang ditumbuhi rumput. Dengan cara ini, rumput tidak akan tumbuh lagi, dan halaman rumah Anda akan senantiasa bersih dan rapi.


Tips melenyapkan alang-alang

Tumbuhan ilalang atau alang-alang kadang sama merepotkannya seperti rumput. Bulan ini dipangkas, bulan depan sudah tumbuh lagi. Kalau kebun atau halaman rumah Anda juga kebetulan ditumbuhi alang-alang, gunakan saja tip berikut ini untuk memberantasnya.

Siapkan ampas kelapa, dan simpanlah sampai membusuk. Setelah itu, potong alang-alang sampai pangkalnya, kemudian taburkan ampas kelapa busuk tadi pada bagian pangkal yang terpotong itu, sampai menutup tunasnya. Dengan cara ini, alang-alang tidak bisa tumbuh lagi.


Tips agar tanaman hias bebas ulat

Keberadaan ulat dapat menyebabkan tanaman hias menjadi rusak serta tidak indah lagi. Hal ini tentu saja mengesalkan. Padahal, ulat bisa saja datang tanpa diundang, dan terkadang sulit dihilangkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan abu untuk mengusir ulat-ulat tersebut.

Caranya, taburkan abu secukupnya pada bagian tanaman yang diserbu ulat, atau pada bagian rumput yang dijadikan tempat tumbuhnya ulat. Lakukan hal ini berulang kali, sampai tanaman atau rumput hias Anda benar-benar terbebas dari ulat.


Tips agar anggrek cepat berbunga

Punya tanaman anggrek di kebun? Ada tip yang bisa Anda gunakan agar tanaman anggrek Anda cepat berbunga. Caranya sangat mudah.

Jika Anda menyeduh kopi, dan selesai meminumnya, jangan buang ampas kopinya. Tambahkan air secukupnya pada ampas kopi tersebut, lalu siramkan pada tanah tempat anggrek Anda tumbuh. Dengan cara mudah ini, tanaman anggrek Anda akan cepat berbunga.