Tips Seputar Kompor Gas dan Tabung Gas

  Tips Seputar Kompor Gas dan Tabung Gas

BIBLIOTIKA - Kompor gas sudah menjadi bagian sehari-hari dalam rumahtangga. Agar kompor gas Anda senantiasa dalam keadaan baik dan terawat sehingga selalu aman digunakan, silakan ikut tip mudah berikut ini.

Rajin-rajinlah membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa dengan menusuk lubang dengan jarum, atau dengan sikat, supaya kotoran yang ada di dalam lubang bisa keluar, karena kotoran yang ada di tempat itulah yang menyebabkan api biru menjadi merah.

Untuk membersihkan kompor gas, Anda bisa menggunakan lap kering jika kompor Anda terbuat dari stainless steel. Apabila ada bekas makanan yang lama menempel, dapat dibersihkan dengan lap basah yang diberi sabun, dan setelah itu kompor dibersihkan kembali dengan lap kering.

Agar gas tidak bocor, selang yang berfungsi menyalurkan gas dari tabung ke pipa kompor harus dipastikan masuk sedalam mungkin, dan menggunakan selang karet.


Tips merawat tabung gas

Agar acara memasak lebih nyaman tanpa rasa waswas atau khawatir menyangkut tabung gas, Anda bisa mengikuti tip-tip berikut ini agar tabung gas di dapur Anda selalu terjaga kesehatannya:

Kondisi: Pada saat membeli atau mengganti tabung gas, pilihlah tabung yang kondisinya baik, dan perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

Cek selang: Untuk mencegah kebocoran gas, periksalah selang tabung gas, minimal sebulan sekali.

Regulator: Sebaiknya gunakan regulator yang memiliki meteran, agar memudahkan untuk mengetahui berapa banyak gas yang masih tersisa.

Cincin karet: Ketika memasang regulator, perhatikan apakah ada suara yang mendesis atau tercium bau gas. Jika ya, segera lepaskan regulator dan cek cincin karet pada tabung gas.

Persediaan: Mintalah beberapa buah cincin karet sekaligus kepada penjual gas untuk stok atau persediaan. Karena terkadang ada tabung gas yang tidak disertai cincin karet, atau ukuran cincinnya tidak sesuai, sehingga gas mudah keluar atau bocor.

Posisi: Letakkan tabung gas pada posisi berdiri tegak, agar regulator dapat mengunci dengan baik.


Mendeteksi dan menangani kebocoran gas

Sebenarnya, gas cair yang terdapat pada tabung gas tidak berbau. Kalau kemudian kita mencium bau khusus dari gas tersebut, hal itu dikarenakan sudah ditambahkannya zat penimbul bau pada gas tersebut, dengan tujuan untuk memudahkan kita dalam mendeteksinya jika terjadi kebocoran.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam merawat tabung gas di dapur, berikut ini tip mudah dalam mendeteksi serta menangani kebocoran yang mungkin terjadi pada tabung gas.

Kebocoran tabung gas bisa disebabkan karena tabung tidak tertutup rapat, selang bocor, sambungan selang yang tidak rapat, atau regulator yang tidak bekerja dengan baik.

Apabila Anda mencium bau gas, segera buka pintu dan jendela. Kemudian cabut regulator yang terpasang, dan matikan kompor. Selain itu, jangan sekali-kali menyalakan saklar listrik, korek api, ataupun membawa lilin atau korek api yang menyala.

Kemudian, segera cari sumber kebocoran. Cara mencarinya sama dengan tukang tambal ban dalam mencari sumber kebocoran. Oleskan air sabun pada bagian yang diduga mengalami kebocoran. Pada bagian yang bocor, lapisan sabun akan terlihat menggelembung.

Selain itu, usahakan agar tidak menyemprot api dengan air atau pemadam kebakaran lainnya. Cara ini memang bisa mematikan api, tetapi gas yang masih mengalir malah berpotensi menimbulkan ledakan. Karenanya, cara yang terbaik adalah menghentikan aliran gas dengan menutup keran kompor. Agar tabung tidak ikut meledak, basahi tabung dengan air dingin, atau karung basah.