Tips Sehat Seputar Memasak

 Tips Sehat Seputar Memasak

BIBLIOTIKA - Karena merupakan aktivitas sehari-hari, maka dapur dan aktivitas memasak perlu diperhatikan tingkat kesehatannya, agar menghasilkan masakan serta makanan yang juga sehat. Berikut ini setumpuk tip yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dapur serta aktivitas memasak Anda:

Jagalah supaya lantai sampai bagian dalam lemari dapur selalu kering, bersih, dan rapi.

Mintalah anggota keluarga untuk tidak merokok di dapur, khususnya saat menyiapkan atau menangani makanan, agar tidak ada abu rokok yang masuk ke dalam makanan.

Usahakan agar permukaan meja dapur, saluran air, dinding, lantai, peralatan masak, serta alat-alat makan, dalam keadaan bersih dan kering. Segera lap jika ada tumpahan makanan.

Jauhkan binatang peliharan dari dapur. Jangan pernah membiarkan mereka berkeliaran di dapur, baik selama Anda di dapur atau tidak.

Ketika sedang sakit, semisal mengalami flu berat, sebaiknya Anda tidak menangani makanan.

Ada baiknya untuk melepaskan perhiasan, termasuk cincin dan jam tangan, sebelum mengolah makanan. Cuci tangan dengan air hangat, atau kalau perlu dengan deterjen. Pastikan kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali selesai menangani bahan makanan mentah, ke toilet, atau setelah membersihkan sampah atau memegang binatang peliharaan.

Jika mengalami luka iris selama beraktivitas di dapur, balutlah dengan kain atau plester steril yang tahan air. Gantilah kain atau plester itu setiap hari sampai luka tadi sembuh.

Lapisilah tempat sampah dengan plastik belanja yang masih utuh, dan buanglah sampah setiap kali pekerjaan dapur selesai. Cuci dan keringkan tempat sampah sebelum memasang kantung plastik yang baru.

Hindari membuat sampah (melakukan sesuatu yang menyisakan sampah) di meja dapur, di dekat makanan matang, atau di dekat makanan yang sedang diolah.

Segera buang sisa-sisa cucian piring seperti remah-remah makanan, tulang ikan, dan lain-lain. Tidak perlu menunggu hingga banyak, karena sisa makanan cepat membusuk, dan bisa menyebarkan penyakit.

Ketika menangani makanan, gunakanlah celemek yang bersih, baju lengan pendek, atau lengan panjang yang digulung rapi. Ikatlah rambut ke belakang, jangan sampai tergerai atau menutupi wajah, agar aktivitas memasak tidak terganggu.

Bersihkan permukaan meja dan peralatan dapur, misalnya pisau, pada tiap tahap penanganan bahan pangan. Hindari menggunakan peralatan yang sama untuk menangani bahan pangan mentah dengan makanan matang, kecuali sebelumnya telah dicuci bersih dan dikeringkan.

Jika memerlukan makanan atau bahan masakan dari dalam kaleng, lap permukaan kaleng sebelum dibuka, dan bersihkan debu atau kotoran yang melekat.

Gunakan sendok untuk mencicipi makanan, jangan gunakan jari atau telapak tangan. Gunakan sendok sekali saja dalam pencicipan, kecuali dicuci lebih dulu.

Cucilah peralatan memasak dan alat-alat pemotong dengan air hangat dan deterjen. Bilas secara menyeluruh, dan tiriskan sampai mengering sendiri, atau bisa juga dilap dengan menggunakan lap bersih.

Idealnya, pencucian pakaian, celemek, lap tangan, serta lap untuk menangani makanan, dilakukan setiap hari.

Setelah digunakan, rendamlah talenan, baik yang plastik atau yang kayu, dengan air panas dan deterjen.