Tips Pintar Seputar Kelapa dan Santan

 Tips Pintar Seputar Kelapa dan Santan

BIBLIOTIKA - Santan sering digunakan untuk membuat masakan, dan santan dihasilkan dari buah kelapa. Berikut ini adalah empat tips seputar kelapa dan makanan/sayuran bersantan yang perlu Anda tahu.


Agar kelapa muda awet disimpan

Ketika menikmati kelapa muda di rumah, kita biasanya akan membuka atau membelah kelapa tersebut, dan kemudian mengeriknya dengan sendok atau alat pengerik. Nah, kadang-kadang, ada kelapa muda yang tersisa, dan ingin kita simpan untuk dinikmati di lain waktu.

Yang menjadi masalah, kelapa muda yang sudah terlanjur dikerik akan cepat basi jika disimpan.

Untuk mengatasi hal seperti di atas, gunakan tips ini.

Didihkan air kelapa di dalam panci, lalu masukkan kelapa muda yang terlanjur dikerik tadi, dan rebus sebentar. Setelah itu diangkat dan dinginkan. Lalu simpanlah di dalam lemari pendingin. Kini kelapa muda akan awet disimpan serta tidak basi.


Agar kelapa muda gampang diparut

Daging kelapa yang masih muda sukar diparut, karena masih lembek. Kalaupun diparut, hasilnya tidak sebaik kelapa yang sudah tua. Karenanya, kalau sewaktu-waktu Anda butuh memarut kepala muda untuk suatu keperluan, dan Anda ingin mudah memarutnya, gunakan tip berikut.

Setelah kelapa dikupas, rendamlah dalam air dingin—bisa menggunakan air es jika ada—selama dua atau tiga jam. Dengan cara itu, daging kelapa muda tersebut akan menjadi kaku sehingga akan lebih mudah diparut.


Agar masakan bersantan tidak cepat basi

Masalah klasik menyangkut masakan bersantan adalah cepat basi. Akibatnya, masakan bersantan tidak bisa disimpan lama-lama. Nah, bagaimana cara membuat masakan bersantan tidak cepat basi, agar bisa disimpan cukup lama? Silakan ikuti tip berikut.

Setelah kelapa dilepaskan kulit luarnya, keriklah bagian dalam (bagian yang bersentuhan dengan kulit luar) kelapa tersebut sampai bersih, sebelum dibuat santan. Kemudian, pada waktu memerasnya, gunakan air hangat yang matang—bukan air dingin. Dengan cara tersebut, masakan bersantan Anda akan lebih awet, dan tidak cepat basi.


Agar sayur bersantan tidak cepat basi 

Sayur yang menggunakan bumbu santan biasanya cepat basi, sehingga tidak dapat dimakan lagi. Sebenarnya, ada cara mudah untuk mencegah agar sayur bersantan lebih tahan lama, yakni dengan membuat santannya sebagai berikut.

Hilangkan kulit kelapa yang akan diparut, lalu keriklah bagian dalam dagingnya, agar lendir bekas air kelapa hilang. Kemudian cucilah kelapa tersebut hingga bersih, baru kemudian diparut dan dibubuhi air hangat. Setelah itu buatlah santan.

Dengan cara di atas, bumbu sayur bersantan akan lebih tahan lama dan tidak cepat  basi.