Tips Pintar Merawat dan Menyuburkan Tanaman

 Tips Pintar Merawat dan Menyuburkan Tanaman

BIBLIOTIKA - Ada cara mudah untuk membuat tanaman kita subur, berbunga lebat, dan indah. Yaitu dengan menggunakan ampas teh sebagai pupuk. Ampas teh dapat menggantikan peran kompos untuk menyuburkan tanaman.

Caranya mudah. Ambillah ampas teh yang ada di teko, kemudian taburkan di sekitar tanaman sambil dibenamkan ke dalam tanah. Jika Anda menggunakan teh celup, bukalah dulu kertas pembungkusnya, kemudian keluarkan ampas tehnya.

Selain itu, kalau Anda suka memelihara tanaman di kebun atau di halaman rumah, ada tips mudah yang dapat Anda gunakan untuk menyuburkan tanaman-tanaman kesayangan Anda, yaitu dengan memanfaatkan air sisa cucian beras.

Caranya, ketika Anda mencuci beras, tampunglah air cuciannya ke dalam sebuah ember, lalu siramkan pada tanah tanaman Anda. Dengan siraman air beras tersebut, tanaman Anda akan lebih subur dan cepat berbunga. Disarankan, tip ini dilakukanlah secara rutin, setidaknya satu kali setap hari.


Tips menyiram tanaman di pot gantung

Karena terbatasnya lahan, kita kadang menggunakan pot gantung untuk menanam tumbuhan yang kita sukai. Selain itu, pot gantung juga bisa berfungsi untuk memperindah tampilan halaman rumah. Nah, yang biasanya merepotkan, air yang kita siramkan ke pot gantung tersebut akan menetes ke bawah, sehingga mengotori lantai, karena pot biasanya dibuat berlubang di bagian bawahnya.

Jika Anda direpotkan oleh hal semacam ini, Anda bisa menyiasatinya dengan es batu. Gunakan saja es batu untuk menyiram tanaman di pot gantung Anda. Tinggal letakkan es batu tersebut di pot gantung, dan es itu akan mencair perlahan serta meresap ke dalam tanah pot dengan sama perlahannya, sehingga airnya tidak menetes ke lantai.


Tips meninggalkan tanaman saat bepergian

Anda punya tanaman kesayangan di rumah, dan Anda harus pergi meninggalkannya beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Sementara tanaman Anda selalu butuh disiram air setiap hari, padahal tidak akan ada orang di rumah selama Anda sekeluarga pergi. Bagaimana solusinya?

Jika Anda ingin memastikan tanaman kesayangan Anda tidak mati karena kekurangan air, Anda bisa gunakan tip ini.

Sebelum Anda pergi, letakkan seember air dengan posisi yang lebih tinggi dari pot (Anda bisa meletakkan di atas bangku). Kemudian, letakkan satu atau dua sumbu kompor di dalam ember yang dijuntaikan hingga terhubung dengan pot tanaman Anda. Nah, air akan mengalir melalui sumbu tersebut, dan tanaman Anda tidak akan kekeringan.