Tips Pintar Menyimpan Buah dan Bumbu

Tips Pintar Menyimpan Buah dan Bumbu

BIBLIOTIKA - Ada buah-buahan dan bumbu dapur tertentu yang memerlukan perhatian tersendiri dalam menyimpannya, agar tidak membusuk, atau terbuang sia-sia.

Stroberi, misalnya, memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga stroberi kurang efektif jika disimpan di lemari pendingin. Jika suatu hari Anda memiliki persediaan stroberi dalam jumlah yang sangat banyak, sebaiknya gunakan sebagiannya untuk selai atau yang lainnya, sedang yang disimpan cukup sebagian saja untuk dinikmati sebagai buah segar.

Selain stroberi, pisang juga perlu perhatian khusus dalam penyimpanannya. Sebaiknya, hindari menyimpan pisang di lemari pendingin, karena kulitnya akan segera dipenuhi bercak hitam, sehingga tidak cantik lagi ketika disuguhkan. Pisang lebih cocok disimpan di dalam suhu ruangan. Meski begitu, pisang juga cepat menjadi busuk, karenanya disarankan untuk tidak menyimpan pisang terlalu lama atau terlalu banyak.

Bagaimana dengan kentang? Kentang lebih bagus jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, bukan di lemari pendingin. Begitu pula dengan bawang bombay, bawang merah, serta bawang putih. Tempat yang memiliki kondisi gelap akan membuat bahan-bahan tersebut lebih tahan lama.

Selain itu, daun selada, seledri, dan jamur, akan lebih tahan lama kalau dibungkus dengan plastik terlebih dulu, sebelum disimpan dalam lemari pendingin.


Tips pintar memilih jeruk lemon berair

Kalau Anda masih kebingungan dalam membedakan mana jeruk lemon yang berair dan mana yang tidak, Anda bisa menggunakan tip berikut ini dalam memilihnya.

Jeruk lemon yang berkulit keras sudah bisa dipastikan harus dihindari. Pilihlah jeruk yang kulitnya tipis dan terasa empuk ketika ditekan. Jeruk seperti itu pasti banyak mengandung air.


Tips agar tauge selalu segar

Tauge yang disimpan selama berhari-hari biasanya menjadi layu dan tidak segar lagi. Kalau Anda terpaksa harus menyimpan tauge selama berhari-hari dan ingin tauge simpanan Anda selalu dalam keadaan segar, rendamlah tauge Anda dalam air yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis secukupnya.

Nah, setiap hari, gunakan air rendaman yang berbeda dengan resep yang sama (mencampurkan perasan jeruk nipis ke dalam air rendamannya). Dengan cara ini, tauge Anda akan senantiasa segar meski disimpan dalam waktu yang cukup lama.