Tips Pintar Menjauhkan Semut dari Gula

  Tips Pintar Menjauhkan Semut dari Gula

BIBLIOTIKA - Ada gula ada semut, kata pepatah. Karenanya, dimana pun kita meletakkan gula, hampir bisa dipastikan semut akan berdatangan. Selama ini, banyak orang menjauhkan semut dari gula dengan cara meletakkan gula pada wadah atau piring yang diisi air, sehingga semut sulit mendekat.

Tetapi cara ini kadang menimbulkan masalah baru, yakni memberi peluang nyamuk untuk bertelur di air yang tergenang tersebut. Akibatnya, satu masalah teratasi, masalah baru lainnya timbul.

Nah, ada cara yang lebih baik untuk menjauhkan semut dari gula, yakni dengan menggunakan cengkeh. Caranya, letakkan beberapa butir cengkeh di tempat Anda menyimpan gula, lalu tutup wadah gula rapat-rapat. Dengan cara ini, semut akan menjauh.


Mengusir semut dengan bubuk kopi

Makanan atau minuman yang manis biasanya membuat semut berdatangan. Hal ini sering kali merepotkan, karena semut-semut biasanya juga masuk ke dalam makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Apalagi jika jumlah semut yang datang sangat banyak.

Untuk mengatasi hal ini tanpa repot-repot, gunakan saja bubuk kopi. Caranya, taburkan bubuk kopi (tidak perlu bubuk kopi yang mahal) di sekitar makanan atau minuman yang ingin kita hindarkan dari semut. Dengan cara yang sangat mudah ini, semut-semut pun tak akan berani mendekat, karena semut menjauhi bau kopi.


Tips menyimpan dan melembutkan gula merah

Gula merah memang tidak mengundang semut secara cepat seperti halnya gula pasir. Tetapi bukan berarti gula merah bebas dari semut. Untuk menghindarkan semut dari gula merah, masukkan cengkeh ke dalam wadah penyimpanannya. Dengan cara ini, semut tidak akan mendekat.

Kemudian, kalau Anda sering menemui gula merah simpanan Anda yang tadinya lembut tiba-tiba telah mengeras saat akan digunakan, Anda bisa gunakan tip berikut.

Simpanlah gula merah di dalam wadahnya, bersama potongan apel. Dengan cara yang mudah ini, gula merah Anda tidak akan mengeras.

Jika gula merah Anda sudah terlanjur mengeras, ambil saja sepotong apel, masukkan ke wadahnya, kemudian tutup rapat-rapat. Biarkan beberapa jam, maka gula merah akan lembut kembali. Atau bisa pula dimasukkan ke dalam kantong plastik tertutup, dan letakkan di tempat yang sejuk. Cara ini juga dapat menjadikan gula merah kembali lembut.

Cara lain untuk melembutkan gula merah adalah dengan memasukkannya ke dalam microwave selama beberapa detik.

Kemudian, gula merah akan tahan lama dan tidak menjadi keras, jika disimpan di dalam freezer dengan membungkusnya dalam kantong plastik rangkap (dua kali pembungkus).