Tips Pintar Mengupas dan Merebus Telur

Tips Pintar Mengupas dan Merebus Telur

BIBLIOTIKA - Merebus telur dalam jumlah banyak untuk hidangan keluarga? Telur-telur rebusan itu tentunya diharapkan dapat disuguhkan dalam keadaan mulus dan utuh, serta mudah dikupas. Nah, kalau Anda sering mengalami masalah dalam mengupas kulit telur, gunakan saja tip berikut untuk mengatasinya.

Setelah telur-telur direbus hingga matang, rendamlah telur-telur itu dalam air dingin (adem). Tunggu sebentar, kemudian pukul-pukul dengan lembut. Nah, telur-telur Anda pun akan dapat dikupas dengan mudah, dan hasilnya akan mulus seperti yang Anda inginkan.

Tips mengupas telur rebus dengan mudah 

Selain cara di atas, ada tip kedua yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan Anda dalam mengupas telur rebus, meski Anda mengupasnya ketika telur-telur itu masih panas. Caranya seperti berikut.

Siapkan telur-telur yang akan direbus, cuci bersih, lalu masukkan ke dalam air. Tambahkan garam dapur sebanyak satu sendoh teh ke dalamnya (dengan takaran 1 sendok teh garam untuk 1 liter air), kemudian rebuslah telur hingga matang. Setelah itu tiriskan.

Nah, setelah itu, Anda bisa mudah mengupas telur-telur rebus Anda, meski dalam keadaan panas sekalipun.

Tips merebus telur retak

Telur mentah yang retak tentunya tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama. Karenanya, ibu-ibu rumahtangga biasanya segera memasak telur yang retak tersebut, entah direbus atau digoreng.

Jika Anda merebus telur retak, dan tidak menginginkan isi telur tersebut keluar selama perebusan, berilah sedikit garam dan cuka pada air rebusannya. Dengan cara ini, telur Anda akan tetap utuh selama dalam perebusan.