Tips Pintar Mengupas dan Mengiris Bawang

Tips Pintar Mengupas dan Mengiris Bawang

BIBLIOTIKA - Bagi yang biasa mengupas bawang merah pasti tahu kalau aktivitas ini cukup menyiksa, karena membuat air mata menetes. Nah, agar air mata tidak keluar selama mengupas bawang, basahilah terlebih dulu bawang yang akan dikupas. Atau, bisa pula mengupas bawang di bawah air yang mengalir (misal di bawah kran). Dengan cara ini, aktivitas mengupas bawang tidak akan membuat menangis lagi.

Sedang tangan yang kotor setelah mengupas bawang dapat dibersihkan dengan garam, lalu dicuci dengan sabun.

Selain cara di atas, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan air mata menetes selama Anda sibuk mengupas bawang. Cara ini mungkin terkesan unik, tetapi Anda dapat mencobanya.

Sebelum Anda mulai mengupas bawang, tusuklah satu buah bawang merah dengan ujung pisau, dan biarkan bawang itu tetap tertusuk di ujung pisau tersebut selama Anda mengupas bawang. Dengan cara unik ini, Anda akan dapat mengupas bawang dengan nyaman.

Tips mengupas dan mengiris bawang 

Jika tips di atas hanya ditujukan untuk mengupas bawang, tips berikut ini dapat dipakai untuk mengupas ataupun mengiris bawang merah, tanpa harus meneteskan air mata.

Pertama, yang paling penting untuk menghindarkan air mata keluar selama mengupas atau mengiris, segera potong kedua ujung bawang merah. Karena di tempat itulah terdapat zat yang menjadikan kita menangis.

Kemudian, Anda juga bisa memerciki talenan tempat mengiris bawang tersebut dengan cuka. Cara ini akan menghindarkan air mata selama aktivitas mengiris bawang. Cara lain lagi yang bisa Anda coba adalah dengan menyalakan lilin di tempat Anda mengiris bawang.